Demi Kebutuhan Listrik Yang Terjangkau Berikut Pengenalan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir

 

Demi Kebutuhan Listrik Yang Terjangkau

Berikut Pengenalan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir


          Terlepas dari kenyataan bahwa energi nuklir telah menjadi kebutuhan global sebagai sumber energi alternatif, masalah yang tersisa terus meningkat. Sebagian besar negara maju telah memperoleh manfaat dari dinamika perkembangannya, khususnya dalam bidang penyediaan energi produksi tenaga listrik sebagai sarana penunjang industri dan peningkatan taraf hidup masyarakat.

          Jumlah reaktor nuklir di dunia hampir mencapai 437 pada tahun 2015, menurut angka. Semuanya digunakan secara damai sebagai sumber energi listrik untuk industri. Namun yang mengejutkan adalah bahwa beberapa negara masih memiliki batasan pada kemampuan mereka untuk membangun pembangkit listrik tenaga nuklir di negara mereka sendiri, bahkan jika mereka ingin menggunakannya untuk tujuan damai. Iran adalah salah satunya. Ketakutan yang berlebihan adalah penghalang di negara kita (nuclearophobia). Gerakan anti-nuklir tidak memahami evolusi energi global melalui penggunaan beberapa reaktor nuklir, yang semuanya terbukti aman karena keberhasilannya.

             Pembangkit listrik tenaga nuklir, sering dikenal sebagai pembangkit listrik tenaga nuklir, adalah pembangkit listrik termal yang menggunakan satu atau lebih reaktor nuklir sebagai sumber panas. Pembangkit listrik tenaga nuklir bekerja dengan cara yang mirip dengan pembangkit listrik tenaga uap karena menggunakan uap bertekanan tinggi untuk memutar turbin. Putaran turbin diubah menjadi energi listrik. Sumber panas yang digunakan untuk menghasilkan panas adalah perbedaannya. Uranium digunakan sebagai sumber panas di pembangkit listrik tenaga nuklir. Reaksi fisi inti uranium.

        Output pembangkit listrik tenaga nuklir berkisar dari 40 MWe hingga 2000 MWe, dengan distribusi daya 600 MWe hingga 1200 MWe untuk pembangkit listrik tenaga nuklir yang dibangun pada tahun 2005. Ada 437 pembangkit listrik tenaga nuklir yang beroperasi di seluruh dunia pada tahun 2015, menghasilkan sekitar 1 /6 dari energi listrik dunia.

          China memiliki 28 pembangkit listrik tenaga nuklir, Rusia memiliki 11 pembangkit listrik tenaga nuklir, India memiliki tujuh pembangkit listrik tenaga nuklir, Uni Emirat Arab memiliki empat pembangkit listrik tenaga nuklir, Korea Selatan memiliki empat pembangkit listrik tenaga nuklir, dan Pakistan serta Taiwan masing-masing memiliki dua pembangkit listrik tenaga nuklir.

        Jenis reaktor yang digunakan di pembangkit listrik tenaga nuklir diklasifikasikan adalah layak untuk menggunakan jenis reaktor yang berbahan bakar Uranium dan Plutonium di beberapa pembangkit dengan banyak unit reaktor yang berbeda.


Referensi

Bapeten.go.id. (2022). Badan Pengawas Tenaga Nuklir - Prospek PLTN dalam Memenuhi Kebutuhan Listrik yang Terjangkau. [online] Available at: https://bapeten.go.id/berita/prospek-pltn-dalam-memenuhi-kebutuhan-listrik-yang-terjangkau-134717 [Accessed 26 Apr. 2022].

‌Pengenalan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (2021). Pengenalan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir. [online] Badan Tenaga Nuklir Nasional. 


Share:

Kenapa Ketika Kita Memakai Pakaian yang Gelap Akan Terasa Lebih Panas Dibandingkan Dengan Warna Lain?


Kenapa Ketika Kita Memakai Pakaian yang Gelap Akan Terasa 

Lebih Panas Dibandingkan Dengan Warna Lain?


            Ternyata Bukan Panaslah yang berperan dalam hal ini, melainkan cahaya. Warna yang terlihat pada suatu objek berkaitan dengan panjang gelombang cahayayang terpantul dari objek tersebut. 

            Pantulan itu bergantung pada sifat atom dan molekuler objek, struktur permukaan serta sudut dimana cahaya menerpanya dan dimana seseorang mengamatinya.

            Benda berwarna hitam, seperti baju, terlihat hitam karena menyerap semua panjang gelombang dalam cahaya matahari, energi yang terbawa oleh cahaya itu akan hilang ke dalam baju dan tidak pernah terlihat lagi.

            Sebagai gantinya, cahaya yang terserap akan berubah menjadi bentuk energi lain, biasanya panas, dan kemudian dipancarkan oleh baju tersebut. Semakin gelap objeknya, semakin baik pula memancarkan panas, karena warna gelap merupakan penyerap cahaya yang baik.



Sumber : https://techno.okezone.com/read/2018/06/23/56/1913181/penjelasan-sains-mengapa-baju-hitam-terasa-lebih-panas


Share:

BULETIN EDISI 21 2022



✨Buletin Edisi 21✨


Halo semua, kembali lagi dengan Buletin KMTK. Berhubungan dengan bulan Ramadhan ini, kami dari Buletin KMTK merilis Buletin Edisi 21 secara online yang dapat diakses pada website KMTK UMS dan offline yang bisa diambil di Laboratorium dan di Studio Baca Teknik Kimia🤗

BULETIN EDISI 21



Games buletin tersedia secara online, silahkan baca ketentuannya dan menangkan games nya🤩

Link games : https://bit.ly/GamesBuletin21Edition

Kode Games : 1889 2341



For more information : 

Sinta (085348170145)


------------------------------------------------------

Official account

Facebook : TEKNIK KIMIA UMS

Line : @oxs3111q

Instagram : kmtkums

Twitter : kmtkums

Web : kmtk.ums.ac.id

YouTube : Kmtk Ums


#KMTK2022

#KMTKUMS

#SATUASAKERJANYATA

Share:

Matahari Artificial Yang Lebih Panas dari Matahari

Matahari Artificial Yang Lebih Panas dari Matahari  





Hallo sobat tekkim!

Kembali lagi nih di artikel kimia, di edisi kali ini kita mau bahas matahari buatan. Matahari bisa dibuat?

Tentu bukan matahari beneran yaa, tapi ini adalah reaktor nuklir yang belakangan ini di buat oleh negara China. Matahari Buatan’ yang disebut HL-2M, adalah reaktor fusi di Southwestern Institute of Physics (SWIP) di Chengdu. Reaktor menghasilkan tenaga dengan menerapkan medan magnet yang kuat ke hidrogen untuk mengompresnya hingga menciptakan plasma yang dapat mencapai suhu lebih dari 150 juta derajat elcius.  Suhu ini 10 kali lebih panas dari inti matahari dan menghasilkan sejumlah besar energi ketika atom melebur bersama. Plasma terkandung dengan magnet dan teknologi supercooling. Tokamak adalah salah satu dari beberapa jenis perangkat kurungan magnetik yang dikembangkan untuk menghasilkan daya fusi termonuklir yang terkontrol.

Yang bikin beda dari reaktor nuklir lain itu apa ya?, reaktor nuklir ini digerakan dengan menggunakan reaksi fusi nuklir. Menurut Ahli nuklir dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Zaki Su'ud, reaksi nuklir terbagi menjadi 2 kategori besar yaitu reaksi fusi dan reaksi fisi.

            Reaksi fusi adalah penggabungan dua inti ringan menjadi inti lebih berat dengan melepas sejumlah besar energi. Sedangkan pembelahan inti berat menjadi dua bagian dan sejumlah netron serta sejumlah besar energi. Biasanya pembangkit listrik tenaga nuklir memanfaatkan reaksi fisi, sedangkan matahari buatan di negara China memanfaatkan reaksi fusi.


Bedanya apa ya?  Pada reaktor fisi nuklir, reaksi yang terjadi adalah neutron menumbuk U-235 atau Pu-239 kemudian terjadi fisi dengan melepas sejumlah energi. Karena neutron tak bermuatan listrik maka proses reaksi fisi ini dapat berlangsung pada energi rendah karena tak ada gaya tolak Coulomb antara netron dengan inti uranium-235 atau plutonium-239. Sedangkan Pada reaksi fusi, hidrogen bereaksi dengan Deuterium atau Tritium untuk menghasilkan helium-4 dan melepas sejumlah energi. Karena Deuterium dan Tritium bermuatan listrik maka terjadi gaya tolak Coulomb saat keduanya bertumbukan.

 

            Kenapa bisa disebut matahari artificial  ya? Selain karena panasnya, reaktor HL-2M ini juga memanfaatkan prinsip reaksi yang sama seperti matahari yaitu reaksi fusi, Namun, reaktor fusi masih pada tahap baru lahir. Dua tantangan utama adalah menjaga suhu di atas 100 juta derajat celcius dan beroperasi pada tingkat yang stabil untuk waktu yang lama. Dia menambahkan bahwa tonggak berikutnya mungkin untuk menjaga stabilitas selama sepekan atau lebih. Lin Boqiang, direktur China Center for Energy Economics Research di Xiamen University menambahkan bahwa jika teknologi nuklir ini dapat diterapkan secara komersial, itu akan memiliki manfaat yang sangat besar.

Namun, Lin mengingatkan bahwa karena teknologi ini masih dalam tahap percobaan, dan masih membutuhkan setidaknya 30 tahun untuk keluar dari lab. Ini lebih seperti teknologi masa depan yang sangat penting untuk dorongan pembangunan hijau China.

 

 

Sumber  : CNN Indonesia.com ; Republika.co.id


Share:

BANK SOAL UTS SEMESTER GENAP 2022

 





KELAS REGULER 



SEMESTER 2
(UJIAN TENGAH SEMESTER)










SEMESTER 4
(UJIAN TENGAH SEMESTER)












SEMESTER 5
(UJIAN TENGAH SEMESTER GANJIL)


Share:

 

Akankah Air Membeku atau Mendidih di Luar Angkasa?




             Air segera mendidih di ruang angkasa atau ruang hampa apa pun. Ruang tidak memiliki suhu karena suhu adalah ukuran pergerakan molekul. Suhu segelas air di ruang angkasa akan bergantung pada apakah air itu berada di bawah sinar matahari atau tidak, bersentuhan dengan benda lain, atau mengambang bebas dalam kegelapan. Setelah air menguap dalam ruang hampa, uap bisa mengembun menjadi es atau tetap menjadi gas. Cairan lain, seperti darah dan urine, segera mendidih dan menguap dalam ruang hampa.

Bagaimana kerjanya?

             Ruang sebenarnya tidak dingin karena suhu adalah ukuran pergerakan molekul. Jika tidak memiliki materi, seperti dalam ruang hampa, tidak memiliki suhu . Panas yang diberikan ke segelas air akan tergantung pada apakah itu di bawah sinar matahari, bersentuhan dengan permukaan lain, atau keluar dengan sendirinya dalam gelap. Di luar angkasa, suhu sebuah benda akan menjadi sekitar -460 ° F atau 3K, yang sangat dingin. Di sisi lain, aluminium yang dipoles di bawah sinar matahari penuh diketahui mencapai 850 ° F. Itu perbedaan suhu yang cukup besar.

          Namun, tidak terlalu menjadi masalah saat tekanan hampir mendekati ruang hampa. Pikirkan tentang air di Bumi. Air mendidih lebih cepat di puncak gunung daripada di permukaan laut. Bahkan, bisa minum secangkir air mendidih di beberapa gunung dan tidak sampai gosong! Di lab, dapat membuat air mendidih pada suhu kamar hanya dengan menggunakan ruang hampa sebagian. Itulah yang terjadi di luar angkasa.

Air mendidih pada suhu kamar

         Meskipun tidak praktis mengunjungi ruang untuk melihat air mendidih, dapat dilihat efeknya tanpa meninggalkan kenyamanan rumah atau ruang kelas. Yang dibutuhkan hanyalah jarum suntik dan air. Caranya:

             1. Sedot sedikit air ke dalam spuit. Cukup dilihat, jangan mengisi spuit sepenuhnya.

             2. Letakkan jari di atas lubang jarum suntik untuk menutupnya.

             3. Sambil memperhatikan air, tarik spuit secepat mungkin. Bisa dilihat apakah airnya 

                 mendidih?

Ketika astronot buang air kecil

            Ketika astronot buang air kecil di luar angkasa dan mengeluarkan isinya, urin dengan cepat mendidih menjadi uap, yang segera mengecilkan atau mengkristal langsung dari gas ke fase padat menjadi kristal urin kecil. Urine tidak sepenuhnya air, tetapi diharapkan proses yang sama terjadi dengan segelas air seperti pada limbah astronot.

Share:

KENAPA NYALA API MENGHASILKAN WARNA BERMACAM-MACAM?

 

Kenapa Nyala Api Menghasilkan Warna Bermacam-macam?

Sobat Tekkim, pernah merhatiin warna nyala api ngga sih? Kalo diperhatiin nih ya, nyala api pada kompor gas biasanya berwarna biru loh. Sementara, api yang dinyalakan dengan korek api biasanya berwarna orange kekuningan. Kalo api unggun yang dinyalain biasanya merah menyala kan ya... Nah itu kenapa ya, ada yang tau? Kalo ngga, yook kita bahas di CHO2 kali ini. Let’s...Go!

Api biasanya terjadi karena adanya proses oksidasi atau reaksi pembakaran senyawa yang mengandung oksigen (O2). Jika proses pembakaran kekurangan oksigen, maka akan menghasilkan senyawa karbon seperti asap atau jelaga berwarna hitam. Warna api merupakan radiasi dari proses oksidasi pembakaran yang juga dapat menunjukkan tingkat energi dan temperatur api tersebut.

Api memiliki warna menyala yang berbeda dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu, faktor kimia oleh zat yang mengalami reaksi, kandungan Oksigen di dalam pembakaran mempengaruhi warna api, apabila kandungan oksigen di reaksi kimia api rendah, api cenderung berwarna kekuningan. Sedangkan apabila kandungan oksigen tinggi, api cenderung berwarna biru dan faktor fisika yaitu suhu.

Macam-macam warna api:

  1. Api yang berwarna merah biasanya bersuhu dibawah 1.000°C, terjadi pada pembakaran bara kayu atau arang.
  2. Api berwarna jingga, terbentuk pada suhu 1.000-1.200°C terjadi pada pembakaran kayu.
  3. Api berwana kuning terjadi pada suhu 1.200-1.500°C jika kita melakukan pembakaran dengan bensin.
  4. Api berwarna biru suhunya masih di bawah 2.000°C, biasanya api ini muncul pada kompor gas.
  5. Api yang berwarna putih, api ini biasanya terjadi pada suhu di atas 2.000°C, api jenis ini biasanya ada di inti matahari loh sobat.
  6. Api hitam merupakan jenis api paling panas, disebut api hitam karena pada spektrum warna cahaya warna hitam berarti tidak ada cahaya oleh karea itu api hitam terlihat transparan. Biasanya dapat dilihat pada saat pembakaran lilin pada api bagian paling dalam terdapat bagian yang berwarna transparan, nah itu adalah api hitam.

Selain api yang di atas, Sobat Tekkim pasti pernah melihat kembang api kan. Nah warna-warna cantik yang dihasilkan oleh kembang api merupakan nyala api dari berbagai zat kimia yang dibakar loh. Niiih kita simak penjelasannya.

Hasil nyala api dan senyawa kimianya:

-        -        Kuning/Orange à Sodium Klorida, Sodium Karbonat
-       Merah à Stronsium Klorida dan Lithium Klorida
-       Ungu à Kalium
-       Hijau à Boron, Tembaga(II)Sulfat
-       Biru à Tembaga
-       Jingga à Kalsium Klorida, Borax

Source : bobo.grid.id

              Zenius.net

              Sciencecompany.com

Share:

BANK SOAL UAS SEMESTER GANJIL 2021

                                           


KELAS REGULER


SEMESTER 1

(Ujian akhir semester)

FISIKA DASAR 2020

FISIKA DASAR 2021

KALKULUS DIFFERENSIAL 2019

KALKULUS DIFFERENSIAL 2020

KIMIA DASAR 2019

KIMIA DASAR 2020

KIMIA DASAR 2021

KIMIA ORGANIK 2019 

KIMIA ORGANIK 2020

KIMIA ORGANIK 2021

KIMIA ANALISIS KUALITATIF 2019

KIMIA ANALISIS KUALITATIF 2020

KIMIA ANALISIS KUALITATIF 2021

PENGANTAR TEKNIK KIMIA 2019

PENGANTAR TEKNIK KIMIA 2020

PENGANTAR TEKNIK KIMIA 2021

PANCASILA 2020

PANCASILA 2021

SEMESTER 3

(Ujian akhir semester)

ALAT INDUSTRI KIMIA 2019

ALAT INDUSTRI KIMIA 2020

ALAT INDUSTRI KIMIA 2021

ISLAM DAN IPTEKS 2019

ISLAM DAN IPTEKS 2020

MATEMATIKA TEKNIK KIMIA 2019

MATEMATIKA TEKNIK KIMIA 2020

MATEMATIKA TEKNIK KIMIA 2021

METODE NUMERIS 2019

METODE NUMERIS 2020

METODE NUMERIS 2021

PENGANTAR TERMODINAMIKA 2019

PENGANTAR TERMODINAMIKA 2020

PENGANTAR TERMODINAMIKA 2021

PROSES INDUSTRI KIMIA 2019

PROSES INDUSTRI KIMIA 2020

PROSES INDUSTRI KIMIA 2021

SEMESTER 5

(Ujian akhir semester)

TEKNOLOGI MINYAK ATSIRI 2019

 TEKNOLOGI PULP DAN KERTAS 2019

TEKNOLOGI PULP DAN KERTAS 2021

TEKNIK SEPARASI 2019

TEKNIK SEPARASI 2020

TEKNIK SEPARASI 2021

PENGELOLAAN LIMBAH DAN LINGKUNGAN 2020

PENGELOLAAN LIMBAH DAN LINGKUNGAN 2021

PERPINDAHAN PANAS KONDUKSI DAN RADIAKSI 2020

KINETIKA REAKSI HETEROGEN 2019

KINETIKA REAKSI HETEROGEN 2020

KINETIKA REAKSI HETEROGEN 2021 

TEKNOLOGI PENGELOLAAN AIR LIMBAH 2019

TEKNOLOGI PENGELOLAAN AIR LIMBAH 2021

SEMESTER 6

(Ujian akhir semester)

TEKNOLOGI MEMBRAN 2019

TEKNOLOGI MEMBRAN 2020

TEKNIK ELEKTROKIMIA 2019

TEKNIK ELEKTROKIMIA 2020

SEMESTER 7

(Ujian akhir semester)

UTILITAS 2019

UTILITAS 2020

UTILITAS 2021

KESELAMATAN PROSES 2020

KESELAMATAN PROSES 2021

MANAJEMEN INDUSTRI 2020

PENGENDALIAN PROSES 2019

PENGENDALIAN PROSES 2020

PENGENDALIAN PROSES 2021

TEKNIK PRODUK 2019

TEKNIK PRODUK 2020

TEKNIK PRODUK 2021

EKONOMI TEKNIK KIMIA 2020

PERANCANGAN ALAT PROSES 2019

PERANCANGAN ALAT PROSES 2021

SIMULASI PERANCANGAN PABRIK KIMIA 2021

KELAS INTERNASIONAL

SEMESTER 1

(Ujian akhir semester)

PENGANTAR TEKNIK KIMIA  2020

PANCASILA 2020

KIMIA DASAR 2020

 KIMIA ORGANIK 2020

 KIMIA ANALISIS 2020

 FISIKA DASAR 2020

SEMESTER 3

(Ujian akhir semester)

ISLAM DAN IPTEK 2021

MATEMATIKA TEKNIK KIMIA 2021

METODE NUMERIS 2021

PENGANTAR TERMODINAMIKA 2021

PROSES INDUSTRI KIMIA 2021

SEMESTER 5

(Ujian akhir semester)

PENGELOLAAN LIMBAH DAN LINGKUNGAN 2021


Share:

MATA TERCANGGIH DI DUNIA

 

Apakah dari kalian pernah berpikir mata apa yang paling canggih di dunia?

Ternyata mata paling canggih di dunia bukan mata manusia, mata batin, mata hati, ataupun mata kaki. Akan tetapi, mata paling canggih di dunia itu adalah mata udang sentadu atau yang disebut Mantis Shrimp.

Disaat mata manusia hanya mampu melihat cahaya yang tampak saja, mata udang ini juga mampu melihat cahaya UV yang tidak bisa dilihat oleh mata manusia. Dengan melihat cahaya UV, Mantis Shrimp ini mampu melihat detail-detail benda yang tidak terlihat oleh mata manusia. Selain dapat melihat cahaya UV, Mantis Shrimp juga bisa melihat polarisasi cahaya.

Polarisasi? Apasih maksudnya?

Jadi cahaya itu merupakan gelombang dan mirip dengan gelombang air yang naik turun, Nah gelombang cahaya ini pun juga bergerak naik turun. Jadi udang ini bisa melihat arah gerak dari cahaya tersebut, mulai dari arah cahaya naik turun, berputar, sampai yang arah geraknya tidak beraturan.

Tidak hanya itu, udang memiliki reseptor yang melebihi mata manusia. Manusia hanya memiliki 3 reseptor warna yaitu merah, hijau, dan biru. Sedangkan Mantis Shrimp ini memiliki 16 reseptor warna. Jauh lebih canggih!!

Dengan demikian dia bisa melihat detail-detail yang tidak bisa dilihat oleh mata manusia. Ia bisa melihat mangsa dan predator dengan lebih mudah didalam laut.

Sumber : physibles


Share:

ADA APA DENGAN DARAH?

 


Sobat Tekkim, pasti udah pada tahukan darah itu apa? Nah kali ini, kita akan membahas sekilas tentang darah, kepo ngga sih kenapa darah warnanya merah bukan biru?

Mari kita cari tahu....

Darah merupakan cairan dalam tubuh yang berfungsi mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh, mengirimkan nutrisi yang dibutuhkan sel-sel, dan menjadi suatu benteng pertahanan terhadap bakteri dan virus. Ini  nih yang membuat darah memiliki warna merah, hemoglobin. Yapss, hemoglobin merupakan protein dalam darah yang terdiri dari subunit yang lebih kecil yang mengandung “Haem”. Haem mengandung zat besi dan strukturnya memberi warna merah pada darah saat teroksigenasi. Jadi Sobat, darah yang teroksigenasi itu memberikan warna merah-bukan biru ya!

Darah sedikit lebih kental daripada air, kekentalannya 2-4 kali air loh Sobat. Darah terdiri dari sel-sel yang tersuspensi di dalam cairan. Darah memiliki 2 komponen utama yaitu, plasma darah dan sel-sel darah. Sel-sel darah ini terdiri dari, sel darah merah, sel darah putih , dan trombosit. Setiap komponen darah mengandung 1/3 hemoglobin serta mengandung 99% sel darah merah, 1% sel darah putih dan keping darah, plasma darah mengandung 92% air. Darah dapat dipisahkan dengan cara filtrasi dan dengan metode sentrifugasi.

Katanya darah baunya anyir atau amis bener ngga sih? Jadi, darah itu sebenarnya memiliki bau metalik loh! Darah mengandung senyawa kimia yang menentukan warna, karakteristik, dan bau. Darah memiliki bau metalik karena mengandung senyawa trans 4,5-epoxy-(E)-2-decenal dan pada Haem mengandung zat besi. Nah bau metalik ini dihasilkan karena adanya reaksi hemoglobin yang teroksidasi.

    Kalian tahu ngga golongan darah kalian itu apa? Golongan darah ditentukan oleh antigen yang berada pada sel darah merah. Darah mengikat antibodi dan merangsang respons imun. Antibodi merupakan protein yang dapat melawan infeksi. Antibodi yang terkandung dalam darah menentukan proses transfusi. Terdapat beberapa macam golongan darah di antaranya:

  • ·        Golongan darah A : memiliki antigen A pada sel darah dan antibodi B dalam plasma

  • ·        Golongan darah B : memiliki antigen B pada sel darah dan antibodi A dalam plasma

  • ·        Golongan darah AB : memiliki antigen A dan B pada sel darah, tetapi tidak memiliki antibodi A maupun antibodi B di dalam plasma

  • ·        Golongan darah O : tidak memiliki antigen A maupun antigen B pada sel darah, tetapi memiliki antibodi A maupun antibodi B dalam plasma

            Dari banyaknya golongan darah, darah dengan golongan O merupakan golongan yang dapat memberikan donor/transfusi kepada semua jenis golongan darah karena tidak memiliki antigen A maupun antigen B.

Satu lagi nih pasti ada yang penasaran, darah itu asam atau basa sih berapa pHnya? Darah memiliki pH 7,4 dan harus selalu tetap. Walaupun darah banyak mengandung kation dan anion yang dapat mempertahankan pH darah, tetap dibutuhkan buffer primer yaitu hemoglobin dan ion bikarbonat. Apabila terjadi perubahan pH maka akan membuat seluruh sistem metabolisme rusak.

Sumber : 

Compoundchem

https://hellosehat.com/kelainan-darah/darah-lainnya/komponen-darah-manusia/

https://www.thoughtco.com/volume-chemical-composition-of-blood-601962

Share:

Recent Posts