Did you know about GTK ??


     
   


        Gelar Teknologi Kimia (GTK) merupakan sebuah acara yang diadakan secara rutin setiap tahun oleh Keluarga Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Muhammadiyah Surakarta (KMTK UMS) yang secara penuh didukung oleh Program Studi Teknik Kimia dan otoritas Universitas Muhammadiyah Surakarta.  Pada tahun 2018 ini merupakan GTK yang ke-19 sejak pertama kali diadakan.

       Gelar Teknologi Kimia pada awal diadakannya, GTK terdiri dari 2 acara, yaitu Olimpiade Kimia tingkat SMA sederajat dan Kuliah Umum Teknik Kimia. Penyelenggaraan olimpiade kimia tersebut juga merupakan sarana untuk mengenalkan Teknik Kimia, khususnya Program Studi Teknik Kimia UMS. Hal ini didasari dengan adanya acara kuliah umum untuk para peserta olimpiade yang sesuai ketentuan dapat mengikuti kuliah umum. Adanya kuliah umum ini dapat membuat mereka lebih paham tentang lingkup ilmu teknik kimia.

        GTK terus mengalami perkambangan dari tahun ke tahun. Adanya penambahan acara baru adalah salah satu diantara perkembangan itu, yakni Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN). Pada GTK XVI tahun 2015, untuk pertama kalinya LKTIN dimasukkan dalam serangkaian acara GTK. Adanya inovasi baru ini berangkat dari berbagai permasalahan yang muncul di masyarakat dan di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat. Dalam hal ini, mahasiswa sebagai agent of change dituntut untuk memiliki inovasi-inovasi dengan memanfaatkan teknologi yang ada untuk menyelasaikan permasalah di msayarakat.

      Pada tahun 2018 ini, GTK ke-19 (GTK XIX) terus mengembangkan inovasinya agar semakin baik setiap tahunnya. GTK XIX akan terdiri dari 3 acara, yakni : Olimpiade Kimia tingkat SMA sederajat, LKTIN, dan Kuliah Umum. Olmpiade kimia tingkat SMA sederajat dilaksanakan dengan sasaran peserta dari SMA sederajat di wilayah Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan eks-Karesidenan Madiun. Untuk LKTIN masih dengan sasaran mahasiswa Diploma / Strata 1 dari Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di seluruh Indonesia.


Apa yang beda dari GTK XIX ???


“CHESPECTION” (Chemical Engineering Scientific Paper Competition) merupakan nama baru dari LKTIN GTK yang mengusung beberapa perubahan di dalamnya. Tidak hanya sekedar nama yang berbeda, konsep dari CHESPECTION pun juga berbeda dari LKTIN sebelumnya. Dimana pada GTK XIX ini CHESPECTION mengangkat sub tema penulisan karya tulis ilmiah yang lebih spesifik tentang teknik kimia. Berbeda dari LKTIN dengan sub tema penulisa yang lebih umum. Tujuannya adalah untuk lebih meningkatkan peran GTK sebagai sarana perkenalan Teknik Kimia, khususnya Program Studi Teknik Kimia UMS. Selain itu, perubahan tersebut juga dimaksudkan untuk mengoptimalkan peran aktif mahasiswa Teknik Kimia dalam mengembangkan inovasi yang dimilikinya untuk mengatasi berbagai permasalahan kehidupan.


Bagaimana GTK XIX? 


     GTK XIX berjalan dengan hasil yang cukup membanggakan. Dibuktikan dengan banyaknya peserta olimpiade kimia sejumlah 91 siswa dari SMA sederajat di wilayab Jateng, DIY, dan eks karesidenan Madiun. Sebagai daerah tuan rumah,cukup banyak peserta dari SMA sederajat daerah Surakarta. Tak cukup sampai disitu, kita juga memberikan pelayanan yang lebih kepada para guru pendamping siswa. Kita mengadalan Workshop Sistem Pembelajaran Schology. Sistem pembelajaran schology merupakan sistem pembelajaran online yang dapat membuat kerja guru menjadi lebih efektif dan efisien.

      Untuk GTK XIX juga dihadiri oleh 12 tim CHESPECTION dari PTN/PTS seluruh Indonesia. Yang terjauh adalah dari ITK (Institut Teknologi Kalimantan). Menandakan bahwa nama CHESPECTION sudah terdengar sampai "negeri sebrang". Proses presentasi juga berjalan dengan lancar dan masing-masing peserra berusaha sebaik mungkin agar dewan juri memberikan penilaian yang baik.

       Di hari ke-2 diadakan kuliah umum dengan pembicara dari PT Nippon Shokubao Indonesia. Sasaran kuliah umum ini adalah mahasiswa aktif teknik kimia dan para finalis CHESPECTION dan Olimpiade. Pada kuliah umum ini, pembicara menyampaikan beberapa hal, yaitu profil dari perusahaan Nippon, detail tentang produk, dan kemampuan yang perlu disiapkan untuk memasuki dunia kerja. Di akhir kuliah umum ini diumumkan para juara dari lomba yang kita selenggarakan. Juara 1 Olimpiade diraih oleh peserta dari SMA N 1 Surakarts dan untul juara 2 & 3 dari SMA N 1 Andong. Sementara untuk CHESPECTION juara 1 & 2 adalah Undip, juara 3 oleh Politenik Perkapalan Surabaya.

Comments

Silahkan komentar, tolong sopan ya :')