WELS adalah kepanjangan dari Workshop Efective Learning Skill. WELS diadakan untuk menyambut mahasiswa Program Studi Teknik Kimia angkatan 2018.
 
WELS dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 2 dan 3 September 2018.WELS diikuti oleh mahasiswa reguler sebanyak 163 orang, mahasiswa transfer sebanyak 26 orang, dan mahasiswa program internasional sebanyak 19 orang.Pada sesi I WELS diisi oleh Ir. Herry Purnama, M.T., Ph.D. tentang Contoh Kasus Teknik Kimia di Industri dan Jasa. Inti dari materi yang diisi oleh bapak Herry adalah teknik kimia memiliki posisi yang strategis di kehidupan, teknik kimia menyiapkan SDM yang siap kerja di segala bidang, dan teknik kimia memiliki cakupan industri yang luas

Pada sesi kedua WELS diisi oleh Siti Fatimah, S.Si., M.S.c., dalam sesi ini bu Siti Fatimah memberikan materi tentang Motivasi dan Kiat Belajar Serta Manajemen Waktu dan Diri Sebagai Kunci Sukses Kuliah. Inti dari materi yang disampaikan oleh bu Siti Fatimah adalah seorang mahasiswa harus dapat beradaptasi. Keberhasilan seorang mahasiswa ditentukan oleh diri sendiri. Di dunia perkuliahan mahasiswa dapat berimprovisasi baik akademis maupun non akademis. Selain itu, cepat dan tidaknya nanti akan lulus dapat memengaruhi nanti saat kerja. Tatap masa depan anda dengan mengembangkan softskill, hardskill, dan lainnya disertai doa dan usaha. Setelah sesi kedua dilanjutkan dengan Presentasi Maket Perancangan Pabrik Kimia. Dalam Presentasi tsb dibagi dalam 2 sesi yaitu 6 pada sesi pertama dan 6 pada sesi kedua yang presentasinya dilaksanakan melalui undian. Setelah presentasi selesai dilanjutkan oleh Presentasi dari KRS (KMTK Research Study) dan pengenalan UKM oleh dinamik.

Pada tanggal 3 September 2018 WELS diawali dengan Perkenalan Dosen dosen Teknik Kimia oleh Rois Fatoni, S.T., M.T., Ph.D. selaku Ketua Program Studi Teknik Kimia Universitas Muhammadiyah Surakarta. Setelah perkenalan dosen dilanjutkan dengan kunjungan ke beberapa fasilitas yaitu laboratorium Teknik Kimia,Studio Teknik Kimia,  Ruang2 kelas F.27,F.28,H.4.9 dan H.4.8.Setelah solat duhur mahasiswa mengikuti Materi ttg pengenalan PKM yang diisi oleh Dedi Ary Prasetya, S.T.,M.T. Pak dedi memaparkan tentang ketika kita menginginkan sesuatu, kita harus punya yang namanya gairah, semangat, skill, dan pasion. Tak cukup hanya gairah tetapi kita juga harus merealisasikan keempat hal tersebut dengan sebuah tindakan. Stop thinking, just do it.

Materi terakhir yang disampaikan pada WELS teknik kimia 2018 adalah Hard skill dan Soft skill yang diisi oleh Tri Widayatno, S.T., M.T., Ph.D. Bapak Tri Widayatno memaparkan tentang hard skill dan soft skill sangat diperlukan untuk mencapai hasil yang terbaik. Hal yang melatarbelakangi  hal yang berkaitan dengan hard skill, soft skill, dan manajemen diri terdapat dalam al quran. Manajemen diri harus melakukan hal-hal yang mengetahui prioritas

DOKUMENTASI 




 

Comments

Silahkan komentar, tolong sopan ya :')