Jarang Diketahui, 3 Unsur Ini Sangat Bermanfaat Bagi Kehidupan

Ada berapa banyak unsur kimia yang kamu ketahui? Kamu pasti tahu soal oksigen, hidrogen, besi, aluminium, emas, kalsium, magnesium, dan sebagainya. Kemungkinan besar kamu juga bisa menyebutkan manfaat unsur-unsur itu dalam kehidupan sehari-hari.
Tapi unsur kimia yang telah diketahui manusia ada cukup banyak. Jumlahnya saja saat ini 118 unsur, dan bukan mustahil masih akan bertambah lagi. Maka wajar kalau kamu gak hapal sebagian besar di antaranya, karena memang banyak unsur yang jarang terdengar di kehidupan sehari-hari. Tapi bukan berarti mereka gak ada manfaatnya, loh.
Malah ada beberapa unsur yang walaupun jarang diketahui, ternyata punya peran dan manfaat besar bagi kehidupan sehari-hari setiap orang, termasuk kamu. Mau tahu apa saja? Ini dia 5 di antaranya.
1. Wolfram
Wolfram atau tungsten adalah elemen logam berlambang W dan memiliki nomor atom 74. n  Kamu mungkin jarang mendengar nama elemen ini dalam kehidupan sehari-hari, tapi sebenarnya wolfram adalah elemen yang istimewa. Di antara seluruh elemen yang ditemukan, wolfram memiliki titik leleh tertinggi, yaitu 3.414 °C!

Titik leleh yang tinggi berarti wolfram tahan terhadap suhu yang luar biasa panas. Dikutip dari Sciencing, itulah yang membuat wolfram ideal sebagai bahan filamen lampu pijar. Selain itu, penambahan wolfram juga bisa membuat besi menjadi lebih kuat, khususnya untuk membuat alat-alat konstruksi.

2. Indium

       Nama indium mungkin jarang kamu dengar, tapi sebenarnya kamu sedang merasakan kegunaan elemen ini detik ini juga. Dilansir dari Science Struck, indium adalah salah satu elemen vital yang digunakan untuk membuat layar LCD. Maka entah kamu membaca artikel ini melalui smartphone atau komputer, ada peran dari indium di situ.
         Selain itu, elemen berlambang In dan bernomor 49 ini juga punya banyak kegunaan lain. Di antaranya adalah sebagai salah satu komponen penyusun chip, transistor, sensor inframerah, dan lain-lain. Bahkan logam lunak ini juga digunakan sebagai pelapis kaca pesawat terbang, kaca oven, dan terkadang kaca bangunan.

4. Neodimium

        Kamu tentu tahu magnet, dan apa kegunaan magnet dalam kehidupan sehari-hari. Tapi tahukah kamu logam apa yang paling ideal untuk dijadikan magnet? Jawabannya adalah neodimium, sebuah elemen lantanida berlambang Nd dan bernomor atom 60.
        Campuran neodimium dengan besi dan boron bisa menghasilkan magnet permanen yang kekuatannya luar biasa. Saking kuatnya sampai magnet ini tidak perlu berukuran besar. Magnet neodimium bisa dibuat berukuran kecil sehingga lebih murah dan lebih ringan, serta cocok dipakai pada alat-alat berukuran kecil misalnya earphone.




source: www.idntimes.com
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar, tolong sopan ya :')

Recent Posts