Software yang Digunakan di Bidang Teknik Kimia


Pada perkuliahan di teknik kimia membahas tentang dasar penyusunan algoritma perhitungan dan konsep logika matamatika, dasar penggunaan berbagai perangkat lunak yang sering digunakan dalam menyelesaikan permasalahan sistem proses kimia. Perangkat lunak berbasis matematika seperti MATLAB/Simulink, perangkat lunak berbasis lembar kerja seperti MS Excel dan perangkat lunak keteknikkimiaan yang digunakan sebagai proses simulator seperti ChemCAD, ASPEN HYSYS, dan ASPEN Plus.

1. Excel
        
          Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang dapat dijalankan pada Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993.

             2.    ChemCad
       Chemstation ChemCad yang untuk selanjutnya disebut ChemCad merupakan salah satu program aplikasi dalam teknik kimia yang paling lengkap dan canggih saat ini. Dengan menggunakan Chemcad Anda akan dapat merancang, membuat dan menghitung sebuah proses dalam pabrik kimia. Chemcad merupakan pengembangan dari Chemcad versi sebelumnya, dengan harapan program aplikasi perancangan proses kimia ini dapat lebih mudah dipakai, dengan hasil yang lebih akurat dan visualisasi hasil dan proses yang lebih mudah dibaca. Apa yang bisa Anda lakukan dengan Chemcad ? Peningkatan produktivitas dengan perhitungan kinerja teknik kimia sehari-hari Memaksimalkan penghasilan dengan pembuatan desain yang labih efisien pada proses baru dan alat yang baru Penurunan biaya dengan optimasi proses teknik kimia Tutorial ini akan memberikan tambahan kemampuan dasar dalam mengoperasikan CHEMCAD. CHEMCAD merupakan program yang sangat mudah untuk dipelajari dan cara terbaik untuk yang ahli dalam menggunakannya. Di sini akan diberikan tahap demi tahap penjelasan bagaimana menyelesaikan suatu permasalahan proses teknik Kimia. Dengan cara yang sangat mudah karena ini di desain untuk menjadi "teman sejati" chemical engineer yang sangat familiar dengan basis Windows. Jadi aturan yang digunakan pada windows secara umum juga digunakan di CHEMCAD.



            3. Matlab




       MATLAB adalah kependekan dari MATrix LABoratory dikarenakan setiap data pada MATLAB menggunakan dasar matriks. MATLAB adalah bahasa pemrograman tinggi, tertutup, dan case sensitive dalam lingkungan komputasi numerik yang dikembangkan oleh MathWorks. Salah satu kelebihannya yang paling populer adalah kemampuan membuat grafik dengan visualisasi terbaik. MATLAB mempunyai banyak tools yang dapat membantu berbagai disiplin ilmu. Ini merupakan salah satu penyebab industri menggunakan MATLAB. Selain itu MATLAB mempunyai banyak library yang sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan matematika seperti membuat simulasi fungsi, pemodelan matematika dan perancangan GUI.

              4. Aspen Hysys
      Aspen Hysys banyak digunakan oleh professional yang berkarir di Chemical Process Industry (CPI). Contoh dari CPI ini adalah pabrik petrokimia, pabrik gula, pabrik minyak dan gas bumi. Karena umumnya, proses pada CPI adalah proses kontinyu, sehingga kita kita salah mengitung salah satu aliran maka kita harus menghitung kembali semuanya dari awal.
       Pada perancangan pabrik, dengan Hysys kita hanya perlu membuat Process Flow Diagram (PFD) dan memasukan seluruh komponen kimia yang terlibat pada industri yang akan dirancang. Sisanya biarkan Sang Software yang bekerja. Software ini akan menghitung neraca massa, neraca energy, hingga beberapa spesifikasi alat.


           5.  Scilab
         Scilab adalah bahasa pemprograman tingkat tinggi, sebagian besar kegunaannya didasarkan pada seputar kemampuan menspesifikasi banyak komputasi dengan sedikit baris kode. Scilab melakukan hal ini dengan mengabstraksi tipe data primitif kepada matriks ekuivalen menurut fungsinya.

       Scilab memiliki kesamaan fungsionalitas dengan MATLAB, tetapi tersedia untuk diunduh tanpa biaya lisensi. Program ini memungkinkan pengguna untuk melakukan komputasi pada cakupan luas operasi-operasi matematika dari operasi yang relatif sederhana seperti perkalian hingga kepada operasi tingkat tinggi seperti korelasi dan aritmetika kompleks. Perangkat ini sering dipakai untuk pemprosesan sinyal, analisis statistika, perbaikan gambar, simulasi dinamika fluida, dan lain-lain.
       Scilab telah digunakan secara luas di beberapa industri dan projek penelitian, dan banyak kontribusi telah dibuat oleh para pengguna. Sintaksnya sama dengan MATLAB, tetapi yang kedua tidak sepenuhnya kompatibel, meskipun terdapat konverter yang disertakan di dalam Scilab untuk konversi kode sumber dari MATLAB ke Scilab. Scilab memiliki lebih sedikit bantuan daripada MATLAB.









Source:
https://id.wikipedia.org/wiki/Scilab
https://www.advernesia.com/blog/matlab/apa-itu-matlab/
http://www.kimianet.lipi.go.id/utama.cgi?tampilpublikasi&1014224403&1110938547&
https://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Excel







      


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar, tolong sopan ya :')

Recent Posts