Corona Virus Disease 19 (COVID-19)




  Apa itu virus corona ?

 Virus corona adalah suatu virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia.
Pada manusia dapat menyebabkan infeksi pernafasan mulai dari flu atau penyakit yang lebih parah
seperti MERS, dan SARS. penyakit virus corona yang paling baru ditemukan yaitu COVID-19.

   Apa itu COVID-19

  COVID-19 adalah wabah menular yang disebabkan oleh corona virus yang paling baru ditemukan.
Virus dan penyakit baru ini tidak diketahui sebelum wabah dimulai di wuhan, cina, pada bulan Desember 2019.

    Apa saja gejala COVID-19
 
   Gejala yang paling umum adalah demam, kelelahan, dan batuk kering. Beberapa pasien mungkin mengalami sakit dan nyeri, hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokan, atau diare. Gejala-gejala ini biasanya ringan dan bertahap. Beberapa orang mungkin sudah terinfeksi tetapi tidak mengembangkan gejala apapun dan merasa tidak enak badan. Kebanyakan orang (sekitar 80%) pulih dari penyakit tanpa perlakuan khusus. Sekitar 1 dari 6 orang yang mendapatkan penyakit parah mengalami susah bernafas. Orang yang lebih tua dan memiliki riwayat medis yg kurang baik rentan terhadap penyakit ini.

    Bagaimana virus ini tersebar
 
   Penyakit ini dapat menyebar dari orang ke orang melalui tetesan kecil dari hidung atau mulut yang menybar ketika seorang yang terkena COVID-19 batuk atau buang nafas. Tetesan ini mendarat pada permukaan disekitar orang tersebut kemudian dengan tidak sengaja mereka menangkap COVID-19 dan menyentuh mata, hidung, atau mulut mereka. Inilah sebabnya mengapa untuk tinggal lebih dari 1 meter dari orang yang sakit.

   Bagaimana cara kita untuk melindungi diri dan memberentikan wabah ini

  Selalu update tentang informasi wabah ini melalui WHO dan otoritas nasional atau lokal anda.
Anda dapat mengurangi kemungkinan terinfeksi atau penyebaran wabah ini dengan melalui beberapa tinadakan pencegahan sederhana:

  Secara teratur membersihkan tubuh anda dengan berbasis alkohol atau cuci dengan sabun dan air.
mengapa? ketika orang yg bersin atau batuk ada kemungkinan tetesan tersebut mendarat di tubuh anda dan memungkinkan itu mengandung virus corona. Hindari menyentuh mata, hidung, atau mulut. mengapa? karena tangan banyak menyentuh permukaan dan dapat mengambil virus. Tetaplah dirumah ketika tidak ada kegiatan yang begitu urgent. dengan melakukan karantina ini dapat membantu banyak orang, terutama di bidang medis karena dengan adanya kita melakukan karantina maka secara langsung dapat menghambat penyebaran virus dan mengurangi angka pasien.




                 
    Terimakasih telah membaca artikel ini tetap semangat stay safe stay at home.
     Mari kita sama sama membantu dan mendoakan para bidang medis yag berjuang digaris terdepan. dengan melakukan donasi atau memberi edukasi pada orang awam dan semoga musibah ini cepat berlalu dan kembali seperti sedia kala.             


   
 


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar, tolong sopan ya :')

Recent Posts