Penemuan Teknologi Kimia yang Menakjubkan

                                            Penemuan Teknologi Kimia yang Menakjubkan

 


 

 

Penemuan di bidang kimia telah mengubah cara hidup kita. Kontribusi kimia pada disiplin ilmu lainnya seperti biologi, pengobatan, teknik, dan agrikultur telah membawa kita pada teknologi baru yang merubah cara kita makan, berkomunikasi, dan melawan penyakit. Peran beberapa ahli kimia begitu luar biasa. Kehidupan modern tidak akan seperti yang kita alami saat ini tanpa adanya mereka.

 

A. Gunting genetik

        Emmanuelle Charpentier dan Jennifer Doudna mencetak sejarah sebagai dua perempuan pertama yang mendapatkan hadiah Nobel. Temuan mereka dikenal sebagai "gunting genetik" Crispr-Cas9, adalah cara untuk membuat perubahan spesifik dan presisi pada DNA yang berada dalam sel hidup. Sistem Crispr-Cas menghalau virus dengan memotong-motong DNA mereka ibarat gunting genetik.  Sejak kedua ilmuwan mengembangkan gunting genetik Crispr-Cas9, telah banyak peneliti yang menggunakannya. Alat ini telah berkontribusi pada banyak penemuan penting dalam riset dasar dan di bidang pengobatan digunakan untuk mengembangkan berbagai terapi kanker baru yang kini sedang dalam uji klinis.  Menurut pakar genetika molekuler Teguh Haryo Sasongko, Crispr-Cas9 bukan satu-satunya metode pengeditan gen, namun ia paling efisien dari segi biaya.

     (sumber : https://www.suara.com/news/2020/10/19/101446/nobel-kimia-dua-perempuan-penemu-gunting-genetik-yang-mencetak-sejarah


B. CP-601932 dan PF-457518

        Penemuan senyawa baru kimia untuk mengobati kecanduan rokok dan alkohol. Penemuan ini dilakukan oleh para ahli di klinik Ernest Gallo dan pusat penelitian Universitas California. Kedua senyawa tersebut diyakini mampu menghentikan kecanduan dalam mengonsumsi nikotin dan alkohol.

       (sumber : https://bisakimia.com/2018/09/27/beberapa-penemuan-teknologi-kimia-yang-luar-biasa/)

 

C. Taxol

        Taxol merupakan senyawa untuk mengobati kanker yang paling efektif di dunia. Obat ini bekerja untuk mencegah pembelahan sel, sehingga sel tersebut akan mati. Untuk sel kanker yang mampu membelah dengan cepat, taxol bersifat seperti racun. Bahan dari taxol ini sendiri berasal dari pohon New Pasifik. Pada pohon ini ditemukan senyawa yang bersifat racun untuk sel. Senyawa itu disebut paklitaksel.

         (Sumber : https://www.superprof.co.id/blog/penemuan-kimia-paling-terkenal/)

 

D. Layar LCD

        Salah satu penemuan paling penting dalam kimia pada pertengahan akhir abad ini adalah layar LCD (liquid crystal display). Ketika para ilmuwan menyadari manfaat dari cairan Kristal pada tahun 1960-an, dimana pada saat itu dipercaya bahwa teknologi tidak dapat bekerja pada apapun jika tidak dalam suhu yang tinggi. Namun, Kementerian Pertahanan Britania Raya menginginkan layar tersebut bisa ada di dalam kendaraan mereka. Itu adalah hal yang tidak umum pada masa itu. Lalu, mereka memerintahkan para ahli kimia, George Gray, untuk mempelajari fenomena tersebut. Penelitiannya berhasil menemukan molekul tertentu yang bisa berfungsi dalam suhu yang lebih rendah. Inovasi ini yaitu molekul 5CB yang bisa ditemukan pada hampir semua layar LCD sejak saat itu.

          (Sumber : https://www.superprof.co.id/blog/penemuan-kimia-paling-terkenal/)


E. Plastik

Orang pertama yang membuat plastik buatan adalah Alexander Parkes pada tahun 1855. Ia memberi nama ciptaannya tersebut dengan nama yang aneh yaitu Parkesin. Tujuan Parkes memulai penelitian tersebut bermaksud untuk menjadikannya sebagai bahan lapisan anti air untuk pakaian yang terbuat dari kain. Ketika ia dan bisnisnya mengalami kebangkrutan, penemuan ini justru menjadi titik balik industri plastik. Pada 1907, seorang ahli kimia Amerika, Leo Baekeland, membuat barang serupa yang disebut plastik. Plastik ini terbuat dari bahan Bakelite yang merupakan senyawa kimia bersifat lunak. Senyawa ini terbentuk dari dua unsur kimia berbeda. Tidak lama setelah itu, Bakelite mulai digunakan dalam berbagai jenis mesin. Sejak saat itu, lahirlah plastik seperti yang kita kenal saat ini.

(Sumber : https://www.superprof.co.id/blog/penemuan-kimia-paling-terkenal/)


F. Anastesi

Zaman dahulu, jika seseorang membutuhkan operasi medis, satu-satunya cara yang digunakan untuk menghilangkan rasa sakit adalah dengan mengaplikasikan alkohol dan sisanya hanya berharap yang terbaik. Sementara itu, Morton selalu mengklaim bahwa ia menemukan anestesi (bius) meskipun hal itu tidak sepenuhnya benar. Opium dan alkohol sendiri merupakan zat yang efektif untuk meredakan rasa sakit sedangkan sejenis obat bius eter telah digunakan sebelumnya pada 1525 oleh Paracelsus.

(Sumber : https://www.superprof.co.id/blog/penemuan-kimia-paling-terkenal/)

 

 

 

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar, tolong sopan ya :')

Recent Posts