APASIH BAHAN DASAR MEDALI?

KALIAN TAU GA SI ? TERNYATA MEDALI EMAS DAN PERUNGGU ITU NGGA MURNI 100% LOH TERUS BERAPA ?

    Kalian pasti mengira medali-medali yang di dapatkan oleh para juara seperti emas dan perunggu adalah murni 100% tanpa campuran apapun. Kalau iya, maka kalian semua salah Sobat, yuk kita baca penjelasannya.

1.  Medali Emas

    Medali emas merupakan campuran dari logam emas dan perak. Logam emas hanya melapisi permukaan logam perak dangan perbandingan perak 580 gram dan emas 6 gram. Jadi, medali emas berat itu  karena peraknya Sobat, bukan emasnya.

   2.  Medali Perunggu

    Medali perunggu merupakan paduan dari logam tembaga dan zink dengan perbandingan 444 gram tembaga dan 49 zink.

3.  Medali Perak

    Diantara ketiga medali, medali perak merupakan medali dengan tingkat kemurnian yang paling tinggi dengan tingkat kemurnian perak mencapai 99,9%. 

Nah, kalian penasaran dengan medali Olimpiade Tokyo 2020 itu komposisinya seperti apa?

      Medali Olimpiade Tokyo 2020 dibuat oleh Tokyo 2020 Medal Project yang merupakan proyek Olimpiade pertama yang berhasil melibatkan warga dalam produksi pembuatan medali dari logam daur ulang hingga ide yang ada pada desain. Mengutip laman resmi Olimpiade, Olympics.com, panitia penyelenggarasebelumnya telah mengumpulkan perangkat elektronik kecil seperti ponsel bekas di seluruh Jepang.

Berikut adalah fakta dibalik Medali Olimpiade Tokyo 2020 :

1.     Pengumpulan elektronik bekas sudah dimulai sejak tahun 2017

    Laporan menunjukkan bahwa sejak tahun 2017 masyarakat Jepang sudah diminta untuk mengumpulkan ponsel bekas kepada pemerintah. Hal ini menjadi salah satu upaya untuk membuat masyarakat sadar dengan lingkungan mereka dengan mendaur ulang barang-barang bekas menjadi hal yang berharga. Kampanye dalam proyek ini berhasil mengumpulkan sebanyak 78.985 ton perangkat elektronik bekas. Dari hasil pengumpulan perangkat elektronik bekas tersebut dapat menghasilkan kurang lebihnya 35 kg emas, 34 kg perak, dan 21 kg perunggu, dari semua komponen medali tersebut terbuat dari bahan daur ulang perangkat elektronik. 

 2.     Spesifikasi medali

    Medali Olimpiade Tokyo 2020 memiliki diameter 85 milimeter dengan bagian tertipis 7,7 milimeter dan bagian tertebal 12,1 milimeter. Beratnya mencapai 556 gram untuk mendali emas, medali perak seberat 550 gram, dan medali perunggu seberat 450 gam.

3.     Komposisi medali Olimpiade Tokyo 2020

    Komposisi medali emas terdiri dari 6 gram pelapis emas. Sedangkan medali perak terbuat dari perak murni 100% dan medali perunggu terdiri dari 95% tembaga serta 5% seng. 

4.     Desain kotak medali

    Desainnya terinspirasi oleh lambang Olimpiade Tokyo 2020 pada setiapkotak memberikan penghormatan kepada para Olympyan yang telah mencapai puncak prestasi. Dikerjakan oleh pengrajin Jepang dengan perpaduan teknik tradisonal serta modern. Terdapat pola serat kayu tersendiri yang sangat halus. 

    Jadi, Sobat Tekkim bisa tahu kalo ternyata medali kejuaraan dan medali Olimpiade Tokyo 2020 yang didapatkan oleh para juara itu bukan emas murni loh. Semoga bermanfaat ya Sobat!

Sumber : compoundchem.com

               idxchanenel.com 

 

  


 

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar, tolong sopan ya :')

Recent Posts