Aplikasi Bye Corona
Latar belakang :
Tingginya kasus COVID-19 di Indonesia yang tak kunjung membaik mengindikasikan penularan masih berlangsung dan perlunya langkah penanganan yang lebih optimal. Salah satu cara untuk melakukan pencegahan dapat dilakukan dengan memberikan edukasi. Lalu dilihat dari perkembangan teknologi yang pesat ini membawa pengaruh besar di masyarakat dunia, terutama pada bidang sistem informasi dan komunikasi yang mudah di akses dengan cepat. Pemanfaatan teknologi sebagai media edukasi terkait COVID-19 di nilai sangat baik untuk membantu memutus penyebaran virus corona. Terlebih dengan diterapkannya kebijakan pemerintah terkait social distancing sehingga interaksi di tengah masyarakat juga menjadi terbatas. Dengan begitu kegiatan system informasi dan komunikasi denga media online lah yang menjadi salah satu langkah efektif sebagai media untuk memberikan edukasi mengenai COVID-19 dimasyarakat. Maka dari itu, kami mencoba untuk berkolaborasi untuk membuat sebuah platform aplikasi Bye Corona sebagai salah satu langkah pemanfaatan teknologi sebagai media edukasi COVID-19. Sehingga pada waktu itu kami membuat proposal dan mengikutkannya pada penelitian ormawa UMS tahun 2020 hingga akhirnya dapat didanai dan tercipta aplikasi ini. Dan ini tentunya menjadi hal yang menarik bagi kami karena pertama kali dapat berkolaborasi untuk membuat aplikasi dengan mahasiswa dari fakultas yang berbeda. Ada dari prodi informatika, teknik kimia dan bahasa inggris.
Tujuan Pembuatan :
Memberikan edukasi dengan cara meningkatkan kesadaran
masyarakat terkait pentingnya pencegahan COVID-19 melalui aplikasi Bye Corona. Dengan kepahaman
masyarakat mengenai COVID-19 baik itu penularannya, gejala yang ditimbulkan dan
pencegahannya akan menjadikan masyarakat lebih tanggap dan tahu apa yang seharusnya di lakukan. Kemudian tujuan dari
pembuatan aplikasi ini juga untuk mengetahui perancangan aplikasi Bye Corona berbasis
Android yang informatif dan responsif tentunya.
Metode Pembuatan :
Perancangaan apliksi Bye Corona dilakukan dengan metode SDLC waterfall (Systems Development Life Cycle ) merupakan siklus hidup pengembangan sistem. Dalam rekayasa sistem dan rekayasa
perangkat lunak, SDLC berupa suatu proses pembuatan dan pengubahan sistem serta
model dan metodologi yang digunakan untuk
mengembangkan sistem-sistem
tersebut. Tahapan ini dimulai dari :
1. System Enginering dengan dengan
mencari kebutuhan dari keseluruhan yang akan diaplikasikan ke dalam bentuk software hingga perancangan database
yang dibutuhkan
2. Analysis perancangan software yang dibuat. Rancangan software yang akan dibuat kami
uraikan pada sitemap
3.
Design dengan mengubah kebutuhan-kebutuhan yang dihasilkan dari proses system and software analysis menjadi
representasi ke dalam bentuk prototype atau tampilan software sebelum nantinya masuk ketahap pemrograman atau coding
,
4.
Coding program yang digunakan untuk membuat Bye Corona mobile application ini adalah
sebagai berikut : Sublime text, Java scrip
& CSS, Bostrap, dan Hosting,
5.
Testing Pada tahap ini semua fungsi – fungsi software yang telah dibuat
harus
dites secara menyeluruh untuk memastikan tidak adanya bug atau error
6.
Maintenance
berupa Pemeliharan software merupakan tahap yang bertujuan untuk jangka panjang. Pada tahap ini juga
terdapat tahap update hingga pengembangan
aplikasi
Waktu pembuatan :
waktu
pembuatan selama 3 bulan kendalanya tentun dari segi komunikasi karena
pembuatan ini full daring kemudian dalam pembuatan terutama pada tahap testing juga sempat terjadi bug dan
error hingga akhirnya dapat tercipta aplikasi yang informatif, sederhana dan
responsif.
Keungggulan :
Diantaranya pada Sumber informasi maupun data yang digunakan selain berasal dari website resmi pemerintah juga dari jurnal penelitian terbaru tentang COVID-19 hal ini karena diketahui telah terjadi berbagai mutasi terkait virus COVID-19 sehingga memungkinkan adanya gejala2 baru hingga berbagai informasi2 terkait penanganan nya yang menjadi hal penting juga untuk di jadikan edukasi/pengetahuan. kemudian pada informasi yang diberikan dikemas secara informatif dengan adanya fitur video penjelasan materi terkait informasi yang disajikan dapat membantu untuk lebih memahami informasi yang disampaikan.
Tampilan aplikasi :
Perlombaan :
Aplikasi ini juga
pernah menjadi finalis di ajang perlombaan BIOEXPO 2021 pada kategori sains dan
teknologi di Universitas Jambi.
“ perasaan : ada kebanggaan
tersendiri sebagai finalis dan sekaligus juga menjadi tantangan bagi kami karena
pada kesempatan itu dapat bersaing dengan peserta dari universitas lain dan hal
ini tentunya juga menjadi pengalaman yang menarik lah bagi kami “
Link :
http://bit.ly/DownloadApkByeCorona
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan komentar, tolong sopan ya :')