APLIKASI BYE CORONA

Aplikasi Bye Corona


Latar belakang :

Tingginya kasus COVID-19 di Indonesia yang tak kunjung membaik mengindikasikan penularan masih berlangsung dan perlunya langkah penanganan yang lebih optimal. Salah satu cara untuk melakukan pencegahan dapat dilakukan dengan memberikan edukasi. Lalu dilihat dari perkembangan teknologi yang pesat ini membawa pengaruh besar di masyarakat dunia, terutama pada bidang sistem informasi dan komunikasi yang mudah di akses dengan cepat. Pemanfaatan teknologi sebagai media edukasi terkait COVID-19 di nilai sangat baik untuk membantu memutus penyebaran virus corona. Terlebih dengan diterapkannya kebijakan pemerintah terkait social distancing sehingga interaksi di tengah masyarakat juga menjadi terbatas. Dengan begitu kegiatan system informasi dan komunikasi denga media online lah yang menjadi salah satu langkah efektif sebagai media untuk memberikan edukasi mengenai COVID-19 dimasyarakat. Maka dari itu, kami mencoba untuk berkolaborasi untuk membuat sebuah platform aplikasi Bye Corona sebagai salah satu langkah pemanfaatan teknologi sebagai media edukasi COVID-19. Sehingga pada waktu itu kami membuat proposal dan mengikutkannya pada penelitian ormawa UMS tahun 2020 hingga akhirnya dapat didanai dan tercipta aplikasi ini. Dan ini tentunya menjadi hal yang menarik bagi kami karena pertama kali dapat berkolaborasi untuk membuat aplikasi dengan mahasiswa dari fakultas yang berbeda. Ada dari prodi informatika, teknik kimia dan bahasa inggris.

Tujuan Pembuatan :

Memberikan edukasi dengan cara meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pentingnya pencegahan COVID-19 melalui aplikasi Bye Corona. Dengan kepahaman masyarakat mengenai COVID-19 baik itu penularannya, gejala yang ditimbulkan dan pencegahannya akan menjadikan masyarakat lebih tanggap dan tahu apa yang seharusnya di lakukan. Kemudian tujuan dari pembuatan aplikasi ini juga untuk mengetahui perancangan aplikasi Bye Corona berbasis Android yang informatif dan responsif tentunya.

Metode Pembuatan :

Perancangaan apliksi Bye Corona dilakukan dengan metode SDLC waterfall (Systems Development Life Cycle ) merupakan siklus hidup pengembangan sistem. Dalam rekayasa sistem dan rekayasa perangkat lunak, SDLC berupa suatu proses pembuatan dan pengubahan sistem serta model dan metodologi yang digunakan untuk mengembangkan sistem-sistem
tersebut. Tahapan ini dimulai dari :

1.  System Enginering dengan dengan mencari kebutuhan dari keseluruhan yang akan diaplikasikan ke dalam bentuk software hingga perancangan database yang dibutuhkan

2.  Analysis perancangan software yang dibuat. Rancangan software yang akan dibuat kami uraikan pada sitemap

3.     Design dengan mengubah kebutuhan-kebutuhan yang dihasilkan dari proses system and software analysis menjadi representasi ke dalam bentuk prototype atau tampilan software sebelum nantinya masuk ketahap pemrograman atau coding ,

4.     Coding program yang digunakan untuk membuat Bye Corona mobile application ini adalah sebagai berikut : Sublime text, Java scrip & CSS, Bostrap, dan Hosting,

5.     Testing Pada tahap ini semua fungsi – fungsi software yang telah dibuat harus
dites secara menyeluruh untuk memastikan tidak adanya bug atau error

6.     Maintenance berupa Pemeliharan software merupakan tahap yang bertujuan untuk jangka panjang. Pada tahap ini juga terdapat tahap update hingga  pengembangan aplikasi

Waktu pembuatan :

waktu pembuatan selama 3 bulan kendalanya tentun dari segi komunikasi karena pembuatan ini full daring kemudian dalam pembuatan terutama pada tahap testing juga sempat terjadi bug dan error hingga akhirnya dapat tercipta aplikasi yang informatif, sederhana dan responsif. 

Keungggulan :

Diantaranya pada Sumber informasi maupun data yang digunakan selain berasal dari website resmi pemerintah juga dari jurnal penelitian terbaru tentang COVID-19 hal ini karena diketahui telah terjadi berbagai mutasi terkait virus COVID-19 sehingga memungkinkan adanya gejala2 baru hingga berbagai informasi2 terkait penanganan nya yang menjadi hal penting juga untuk di jadikan edukasi/pengetahuan. kemudian pada informasi yang diberikan dikemas secara informatif dengan adanya fitur video penjelasan materi  terkait informasi yang disajikan dapat membantu untuk lebih memahami informasi yang disampaikan.













Tampilan aplikasi :


          

                              
  

Perlombaan :

Aplikasi ini juga pernah menjadi finalis di ajang perlombaan BIOEXPO 2021 pada kategori sains dan teknologi di Universitas Jambi.

“ perasaan : ada kebanggaan tersendiri sebagai finalis dan sekaligus juga menjadi tantangan bagi kami karena pada kesempatan itu dapat bersaing dengan peserta dari universitas lain dan hal ini tentunya juga menjadi pengalaman yang menarik lah bagi kami “

Link :

http://bit.ly/DownloadApkByeCorona























Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar, tolong sopan ya :')

Recent Posts