SEJARAH SENJATA KIMIA

 Sejarah Senjata Kimia

Tahukah kalian tentang senjata kimia chem?

Senjata kimia bisa dikatakan sebagai senjata yang menggunakan senyawa kimia berbahaya untuk melukai, melumpuhkan, bahkan membunuh musuh yang biasanya berupa gas beracun. Penggunaan senjata kimia berbeda dengan senjata konvensional dan senjata nuklir karena efek merusak senjata kimia bukan disebabkan daya ledaknya melainkan zat kimia beracun dan produk toxicnya.

1.     Perang Dunia 1 (1914 – 1918)

Senjata kimia pertama kali digunakan pada masa perang dunia 1. Pada perang ini beberapa jenis senjata kimia mulai diperkenalkan seperti gas mustard, gas klorin, dan yang paling terkenal adalah gas fosgen yang bertanggung jawab atas 80% kematian yang disebabkan oleh senjata kimia.

2.     Perang Dunia II (1939 – 1945)

Perang dunia II senjata kimia yang digunakan lebih bermacam-macam, mulai dari gas sarin, tabun, hingga bom napalm. Kasus yang cukup terkenal adalah pembantaian massal masyarakat sipil dan tentara Jepang di kamp konsentrasi Nazi Auschwitz menggunakan gas sianida.

3.     Perang Sipil Yaman (1962 - 1970)

Senjata kimia yang digunakan pada Perang Sipil Yaman banyak merusak paru-paru, mata, dan warga sipil yang meninggal. Selama perang ini, senjata kimia yang digunakan merupakan turunan halogen, yakni fosgen, gas mustard, boris, klorida atau sianogen bromida.

4.     Perang Uni Soviet dengan Afganistan (1979 – 1989)

Tingkat kerahasiaan yang tinggi mengakibatkan sedikitnya data yang diperoleh terkait penggunaan senjata kimia pada perang ini. Namun, beberapa sumber mengatakan bahwa senjata kimia yang digunakan adalah gas pelumpuh saraf, sulfur mustard, phosgene, nitrogen mustard, dan lewsite.

5.     Perang Iran Irak (1980 – 1988)

Selama perang ini, Saddam Hussein menggunakan senjata kimia termasuk tabun untuk melawan Iran dan warga minoritas Kurdi di Irak. Sekitar 100.000 tentara Iran menjadi korban senjata kimia Irak.

6.     Perang Teluk (1991)

Senjata kimia yang digunakan pada perang ini yaitu senjata yang mampu melumpuhkan saraf serta membuat kulit melepuh. Jenis senjata kimia yang digunakan adalah tabun, sarin, siklosarin, belerang, mustard, dan lumina.

7.     Perang Sipil Suriah (2011 – sekarang)

Pada tahun 2013, militer Suriah menggunakan gas saris melawan warga sipil. Ratusan warga terbunuh akibat perang ini. Gas mustard, sarin, dan klorin digunakan selama perang ini.

Berdasarkan latar belakang sejarah dunia mengenai senjata kimia, dapat terlihat bahwa senjata kimia dapat menjadi silent killer untuk lawannya. Bahaya yang ditawarkan pun melebihi gerilya pembunuh bahkan mampu menjadi dua tombak yang bisa membahayakan kubu sendiri. Selain itu, kita juga dapat mengetahui peranan kimia sudah ada sejak dulu dan mampu mencakup pada aspek kehidupan yang luas. Tidak hanya pada alat, kesehatan, atau limbah, tetapi juga dapat menjadi senjata kimia yang bermutakhir dan diperkirakan akan terus berkembang seiring meningkatnya teknologi dan pengetahuan dunia.

Sumber : Wikipedia


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar, tolong sopan ya :')

Recent Posts