MATA TERCANGGIH DI DUNIA

 

Apakah dari kalian pernah berpikir mata apa yang paling canggih di dunia?

Ternyata mata paling canggih di dunia bukan mata manusia, mata batin, mata hati, ataupun mata kaki. Akan tetapi, mata paling canggih di dunia itu adalah mata udang sentadu atau yang disebut Mantis Shrimp.

Disaat mata manusia hanya mampu melihat cahaya yang tampak saja, mata udang ini juga mampu melihat cahaya UV yang tidak bisa dilihat oleh mata manusia. Dengan melihat cahaya UV, Mantis Shrimp ini mampu melihat detail-detail benda yang tidak terlihat oleh mata manusia. Selain dapat melihat cahaya UV, Mantis Shrimp juga bisa melihat polarisasi cahaya.

Polarisasi? Apasih maksudnya?

Jadi cahaya itu merupakan gelombang dan mirip dengan gelombang air yang naik turun, Nah gelombang cahaya ini pun juga bergerak naik turun. Jadi udang ini bisa melihat arah gerak dari cahaya tersebut, mulai dari arah cahaya naik turun, berputar, sampai yang arah geraknya tidak beraturan.

Tidak hanya itu, udang memiliki reseptor yang melebihi mata manusia. Manusia hanya memiliki 3 reseptor warna yaitu merah, hijau, dan biru. Sedangkan Mantis Shrimp ini memiliki 16 reseptor warna. Jauh lebih canggih!!

Dengan demikian dia bisa melihat detail-detail yang tidak bisa dilihat oleh mata manusia. Ia bisa melihat mangsa dan predator dengan lebih mudah didalam laut.

Sumber : physibles


Share:

1 komentar:

Silahkan komentar, tolong sopan ya :')

Recent Posts