KENAPA NYALA API MENGHASILKAN WARNA BERMACAM-MACAM?

 

Kenapa Nyala Api Menghasilkan Warna Bermacam-macam?

Sobat Tekkim, pernah merhatiin warna nyala api ngga sih? Kalo diperhatiin nih ya, nyala api pada kompor gas biasanya berwarna biru loh. Sementara, api yang dinyalakan dengan korek api biasanya berwarna orange kekuningan. Kalo api unggun yang dinyalain biasanya merah menyala kan ya... Nah itu kenapa ya, ada yang tau? Kalo ngga, yook kita bahas di CHO2 kali ini. Let’s...Go!

Api biasanya terjadi karena adanya proses oksidasi atau reaksi pembakaran senyawa yang mengandung oksigen (O2). Jika proses pembakaran kekurangan oksigen, maka akan menghasilkan senyawa karbon seperti asap atau jelaga berwarna hitam. Warna api merupakan radiasi dari proses oksidasi pembakaran yang juga dapat menunjukkan tingkat energi dan temperatur api tersebut.

Api memiliki warna menyala yang berbeda dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu, faktor kimia oleh zat yang mengalami reaksi, kandungan Oksigen di dalam pembakaran mempengaruhi warna api, apabila kandungan oksigen di reaksi kimia api rendah, api cenderung berwarna kekuningan. Sedangkan apabila kandungan oksigen tinggi, api cenderung berwarna biru dan faktor fisika yaitu suhu.

Macam-macam warna api:

  1. Api yang berwarna merah biasanya bersuhu dibawah 1.000°C, terjadi pada pembakaran bara kayu atau arang.
  2. Api berwarna jingga, terbentuk pada suhu 1.000-1.200°C terjadi pada pembakaran kayu.
  3. Api berwana kuning terjadi pada suhu 1.200-1.500°C jika kita melakukan pembakaran dengan bensin.
  4. Api berwarna biru suhunya masih di bawah 2.000°C, biasanya api ini muncul pada kompor gas.
  5. Api yang berwarna putih, api ini biasanya terjadi pada suhu di atas 2.000°C, api jenis ini biasanya ada di inti matahari loh sobat.
  6. Api hitam merupakan jenis api paling panas, disebut api hitam karena pada spektrum warna cahaya warna hitam berarti tidak ada cahaya oleh karea itu api hitam terlihat transparan. Biasanya dapat dilihat pada saat pembakaran lilin pada api bagian paling dalam terdapat bagian yang berwarna transparan, nah itu adalah api hitam.

Selain api yang di atas, Sobat Tekkim pasti pernah melihat kembang api kan. Nah warna-warna cantik yang dihasilkan oleh kembang api merupakan nyala api dari berbagai zat kimia yang dibakar loh. Niiih kita simak penjelasannya.

Hasil nyala api dan senyawa kimianya:

-        -        Kuning/Orange à Sodium Klorida, Sodium Karbonat
-       Merah à Stronsium Klorida dan Lithium Klorida
-       Ungu à Kalium
-       Hijau à Boron, Tembaga(II)Sulfat
-       Biru à Tembaga
-       Jingga à Kalsium Klorida, Borax

Source : bobo.grid.id

              Zenius.net

              Sciencecompany.com

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar, tolong sopan ya :')

Recent Posts