Akankah Air Membeku atau Mendidih di Luar Angkasa?




             Air segera mendidih di ruang angkasa atau ruang hampa apa pun. Ruang tidak memiliki suhu karena suhu adalah ukuran pergerakan molekul. Suhu segelas air di ruang angkasa akan bergantung pada apakah air itu berada di bawah sinar matahari atau tidak, bersentuhan dengan benda lain, atau mengambang bebas dalam kegelapan. Setelah air menguap dalam ruang hampa, uap bisa mengembun menjadi es atau tetap menjadi gas. Cairan lain, seperti darah dan urine, segera mendidih dan menguap dalam ruang hampa.

Bagaimana kerjanya?

             Ruang sebenarnya tidak dingin karena suhu adalah ukuran pergerakan molekul. Jika tidak memiliki materi, seperti dalam ruang hampa, tidak memiliki suhu . Panas yang diberikan ke segelas air akan tergantung pada apakah itu di bawah sinar matahari, bersentuhan dengan permukaan lain, atau keluar dengan sendirinya dalam gelap. Di luar angkasa, suhu sebuah benda akan menjadi sekitar -460 ° F atau 3K, yang sangat dingin. Di sisi lain, aluminium yang dipoles di bawah sinar matahari penuh diketahui mencapai 850 ° F. Itu perbedaan suhu yang cukup besar.

          Namun, tidak terlalu menjadi masalah saat tekanan hampir mendekati ruang hampa. Pikirkan tentang air di Bumi. Air mendidih lebih cepat di puncak gunung daripada di permukaan laut. Bahkan, bisa minum secangkir air mendidih di beberapa gunung dan tidak sampai gosong! Di lab, dapat membuat air mendidih pada suhu kamar hanya dengan menggunakan ruang hampa sebagian. Itulah yang terjadi di luar angkasa.

Air mendidih pada suhu kamar

         Meskipun tidak praktis mengunjungi ruang untuk melihat air mendidih, dapat dilihat efeknya tanpa meninggalkan kenyamanan rumah atau ruang kelas. Yang dibutuhkan hanyalah jarum suntik dan air. Caranya:

             1. Sedot sedikit air ke dalam spuit. Cukup dilihat, jangan mengisi spuit sepenuhnya.

             2. Letakkan jari di atas lubang jarum suntik untuk menutupnya.

             3. Sambil memperhatikan air, tarik spuit secepat mungkin. Bisa dilihat apakah airnya 

                 mendidih?

Ketika astronot buang air kecil

            Ketika astronot buang air kecil di luar angkasa dan mengeluarkan isinya, urin dengan cepat mendidih menjadi uap, yang segera mengecilkan atau mengkristal langsung dari gas ke fase padat menjadi kristal urin kecil. Urine tidak sepenuhnya air, tetapi diharapkan proses yang sama terjadi dengan segelas air seperti pada limbah astronot.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar, tolong sopan ya :')

Recent Posts