THE CHEMISTRY OF ICE CREAM

 


Halooo Sobat Tekkim, siapa nih yang suka makan Ice Cream? 😊

Kali ini kita akan membahas sedikit tentang Ice Cream loooh....

Jadi,

Ice Cream adalah kombinasi dari udara, kristal es, gumpalan lemak, dan sirup cair yang digabungkan untuk membuat koloid, larutan dengan partikel tidak larut yang sangat kecil tersuspensi di dalamnya.

Lemak penting untuk kelembutan es krim. protein dari susu membentuk membran di sekitar tetesan lemak, membuatnya lebih sulit untuk bersentuhan satu sama lain. Pengemulsi menggantikan beberapa protein susu pada permukaan tetesan lemak pada saat es krim dibuat, sebagian lemak dalam tetesan membeku. Pada tahap ini bersama dengan protein susu membantu menstabilkan gelembung udara dalam es krim.

Struktur Ice Cream :

- Kristal es krim sebanyak 30%

- Gelembung udara sebanyak 50%

- Tetesan lemak sebanyak 5%

- Sirup cair sebanyak 15%

Selama pembekuan, sebagian besar air dibekukan menjadi es. Kristal es kecil diperlukan untuk membuat ice cream yang halus. Pemukulan dan aerasi terjadi pada saat yang bersamaan seperti pembekuan dari gelembung udara kecil, distabilkan oleh lemak de-emulsi. Udara membentuk 30-50% dari volume akhir es krim, gula mempermanis es krim dan menurunkan titik beku air, serta mengurangi jumlah es. Ice cream yang lembut mengandung lebih sedikit es.


- Rasa dan Warna pada Ice Cream











- Vanilin














Rasa ice cream alami mengandung sejumlah senyawa pemberi rasa. Penyedap/rasa juga dapat dibuat secara artifisial. Perasa vanila buatan sering kali menggunakan vanili. Warna dapat ditambahkan secara artifisial; Anthocynins dari tumbuhan adalah salah satu zat pewarna yang dapat digunakan.

 

Stabilisator pada Ice Cream

Asam Alginat








Natrium Alginat adalah garam natrium dari asam alginat. Bahan penstabil lain yang dapat diperoleh dari rumput laut adalah karagenan.

Stabilisator ditambahkan dalam jumlah kecil ~ 0,2% ke dalam ice cream yang sering diekstraksi dari tanaman, contoh umum adalah natrium alginat, garam natrium dari asam alginat, diekstraksi dari rumput laut coklat. Stabilizer mengurangi tingkat di mana ice cream meleleh, menambah kehalusan, dan meningkatkan viskositas fase cair es krim. Penggunaan beberapa stabilisator dapat menghasilkan efek sinergis.


Referensi    : www.compoundchem.com
Share:

1 komentar:

Silahkan komentar, tolong sopan ya :')

Recent Posts