Pentingnya Olahraga!


 

Sebagian orang mungkin  menganggap bahwa olahraga hanya akan melelahkan,  walaupun melelahkan tetapi itu sangat penting untuk daya tahan tubuh. Apakah kalian tahu pentingnya olahraga bagi tubuh?.Tubuh kita akan semakin sehat jika digunakan untuk bergerak dan beraktivitas selama tidak berlebihan. Salah satu cara untuk mencapai kesehatan yang optimal yaitu dengan berolahraga secara teratur dan makan makanan yang sehat dan bergizi. Ada banyak jenis olahraga yang bisa kita lakukan, seperti berenang, berlari, menari, senam, dan masih banyak yang lainnya. Rutin olahraga dan melakukan aktivitas fisik setiap hari adalah salah satu fondasi dari gaya hidup sehat. Meski demikian, banyak orang yang masih mengartikan aktivitas fisik sebagai olahraga berat penuh siksaan. Padahal, belum tentu!


Aktivitas fisik tidak melulu harus dilakukan di gelanggang olahraga atau di pusat kebugaran. Anda bahkan bisa melakukan aktivitas ini di rumah. Sebut saja dengan membersihkan rumah. Yang penting, lakukan dalam jangka waktu tertentu, mengeluarkan energi, dan menggerakkan otot anda. Kelihatannya mungkin sederhana. Tapi manfaatnya bisa luar biasa.Aktivitas fisik yang teratur atau olahraga ringan sampai sedang yang rutin dan teratur serta berkelanjutan adalah salah satu hal paling penting yang dapat dilakukan dengan mudah untuk memperoleh berbagai manfaat bagi kesehatan. Salah satu penyebab utama dari penyakit tidak menular (PTM) adalah kurangnya aktivitas fisik yang dilakukan. PTM yang masih menjadi hantu di Indonesia seperti diabetes melitus, hipertensi, penyakit jantung koroner, gagal ginjal, dan juga stroke. Padahal penyakit tersebut sebenarnya bisa dikurangi resikonya dengan banyak melakukan aktivitas fisik dalam kehidupan harian Anda.


Aktivitas fisik adalah setiap gerakan tubuh yang meningkatkan pengeluaran tenaga/energi dan pembakaran energi. Aktivitas fisik dikategorikan cukup apabila seseorang melakukan latihan fisik atau olah raga selama 30 menit setiap hari atau minimal 3-5 hari dalam seminggu. Melakukan aktivitas fisik merupakan salah satu pilar dan pedoman dari Gizi Seimbang.Beberapa manfaat kesehatan dari aktivitas fisik dapat segera diperoleh, seperti mengurangi perasaan cemas, mengurangi tekanan darah, dan meningkatkan kualitas tidur, beberapa aspek fungsi kognitif, dan sensitivitas insulin.


Manfaat lainnya adalah seperti peningkatan kebugaran kardiorespirasi, peningkatan kekuatan otot, penurunan gejala depresi, dan penurunan tekanan darah yang berkelanjutan; namun hal ini memerlukan beberapa minggu atau bulan dalam melakukan aktivitas fisik. Aktivitas fisik juga dapat memperlambat atau menunda perkembangan penyakit kronis, seperti hipertensi dan diabetes tipe 2; bahkan resiko kanker.  Aktivitas fisik yang terprogram juga dapat mengendalikan berat badan dan mengatasi obesitas.


Referensi : https://rsbm.baliprov.go.id/?p=1210

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar, tolong sopan ya :')

Recent Posts