7 Fakta Sains yang Mencengangkan

Ada banyak hal yang belum kita ketahui di sekeliling kita. Untuk itu, kita perlu belajar sains atau ilmu pengetahuan supaya makin banyak yang kita ketahui. Nah kali ini ada tujuh fakta sains yang bakal bikin kamu tercengang.

1. DNA manusia untuk keliling Pluto

Ada cukup DNA dalam tubuh manusia untuk berkeliling Pluto sebanyak 17 kali. Genom manusia atau kode genetik dalam tiap sel manusia, berisi 23 molekul DNA. Masing-masing molekul berisi 500.000-2.500.000 pasang nukleotida. Ketika diurai satu molekul DNA memiliki panjang 1,7-8,5 cm panjangnya. Rata-rata 5 cm. Nah, di tubuh manusia itu ada 37 triliun sel. Kalau kamu mengurai tiap-tiap sel tadi dan dipanjangkan, maka panjangnya adalah 2×10 pangkat 14 meter atau cukup untuk keliling Pluto 17 kali. Satu kali keliling Pluto adalah 1,2 x 10 13 meter.

2. Tubuh manusia rata-rata membawa sel bakteri sepuluh kali lebih banyak dari sel manusia sendiri.

Kamu pasti selalu berupaya menjauhkan diri dari kontaminasi bakteri di sekitar. Tapi ada banyak cara bakteri masuk ke dalam tubuhmu. Belum lagi bakteri baik yang memang ada dalam tubuh kita. Kalau dihitung-hitung, banyaknya sel bakteri dalam tubuh manusia itu 10 kali jumlah sel manusia sendiri. Tapi jangan khawatir, kita enggak bisa hidup tanpa bakteri lho. Soalnya, bakteri membantu kita untuk meraih energi, mengolah dan meraup nutrisi dari makanan.

3. Waktu yang dibutuhkan Foton bergerak di Matahari dan Bumi

Foton adalah partikel dasar dalam radiasi elektromagnetik. Dia bergerak sebelum diserap dan dilepaskan oleh atom. Di Matahari, foton butuh butuh waktu sampai 40.000 tahun untuk berpindah dari inti Matahari ke permukaannya. Energi yang sampai ke Bumi itu kemungkinan adalah energi yang diproduksi jutaan tahun lalu.

4. Great Barrier Reef, struktur hidup terbesar di Bumi

Terumbu karang itu mengandung banyak polyps karang, yaitu binatang invertebrata yang tubuh lembut, dihubungkan oleh jaringan. Great Barrier Reef adalah sistem terkoneksi dari sekitar 3.000 terumbu karang dan 900 pulau-pulau karang, dipisah oleh celah-celah kecil di bawah permukaan Laut Coral. Dengan bentangan lebih dari 2.000 km dan mencakup area seluas 350.000 km persegi, Great Barrier Reef adalah struktur hidup terbesar di dunia dan satu-satunya yang bisa dilihat dari luar angkasa.

5. Panjang molekul sesendok air

Satu sendok teh air atau sekitar 5 ml volumenya berisi 2 x 10 23 molekul air. Tiap molekul mengandung 3 atom: 2 hidrogen dan 1 oksigen. Kalau disusun dan diurut panjang tiap-tiap molekul air, kamu akan mendapatkan panjang 50 miliar km atau 10 kali lebar sistem tata surya kita.

6. Langkah kakimu keliling dunia

Rata-rata kita melangkahkan kaki sebanyak 7.500 langkah per hari. Kalau kamu menjaga jumlah itu dan hidup selama 80 tahun, berarti kamu berjalan sebanyak 216.262.500 langkah seumur hidup atau kalau dikonversi jadi jarak, itu sekitar 177.027 km. Itu sama dengan kamu 4,4 kali berjalan keliling dunia di garis katulistiwa.

7. Dinginkan helium, ubah jadi cairan super

Gas helium biasanya digunakan untuk mengisi balon terbang. Kalau kamu hirup, kamu bisa bicara seperti chipmunk. Kalau helium kamu dinginkan sampai temperatur terdingin (-269 derajat Celcius), ia akan berubah jadi superfluid, yaitu cairan yang mengalir tanpa friksi.

Kalau kamu menggerakkan cairan dalam cangkir, tak lama ia akan berhenti bergerak karena atom dalam cairan akan bertubrukan satu sama lain lalu melambat. Sedang helium yang didinginkan sampai temperatur terdingin, tidak akan pernah berhenti bergerak, bahkan sampai jutaan tahun.

source : http://student.cnnindonesia.com/edukasi/20161108150711-445-171203/7-fakta-sains-yang-mencengangkan/

Please follow and like us:

Leave a Reply