RAMADHAN BULAN BERKAH, JUALAN TA’JIL BISA JADI PELUANG USAHA YANG MENJANJIKAN

(oleh : Mahar Niki Arti)

Bulan Ramadhan, berburu takjil atau makanan berbuka puasa menjadi salah satu kegiatan yang tak terpisahkan bagi masyarakat Indonesia. Ramainya tempat yang menjajakan menu berbuka puasa membuat suasana menjelang berbuka terasa riuh. Biasanya pedagang takjil menggelar dagangannya di area strategis,  salah satunya di area jalan raya menuju kampus. Para pedagang musiman ini biasanya menjual menu berbuka puasa, seperti gorengan, sop buah dan kolak yang menjadi salah satu menu favorit untuk berbuka puasa.

Keluarga Mahasiswa Teknik Kimia (KMTK)  UMS dari bidang 3 kewirausahaan juga ikut mengambil peluang menjadi pedagang musiman. Namun kegiatan berjualan di bulan ramadhan ini termasuk salah satu program kerja dari bidang 3 kewirausahaan. Program kerja yang diberi nama “Ramadhan Spirit” ini sudah terlaksana dari tahun-tahun sebelumnya. Kegiatan Ramadhan Spirit ini dilaksanakan selama tiga hari.

Kegiatan Ramadhan Spirit ini selain melaksanakan program kerja, fungsinya melatih mahasiswa belajar memulai usaha serta membentuk karakter berwirausaha.

Bagi pekerja yang jam kerjanya lebih singkat atau mahasiswa yang memiliki waktu luang

Berdagang di bulan ramadhan bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Selain itu mengisi waktu luang dengan berdagang  menjadi kegiatan yang efektif dibanding menonton televisi atau bersantai-santai di kostan.

Bagi pekerja atau mahasiswa rantau bisa membawa buah tangan bagi keluarganya

            Membawa buah tangan atau oleh-oleh untuk keluarga dapat dengan mudah karena jika kamu mengambil peluang berdagang di bulan ramadhan ini dapat dengan mudah membeli sesuatu dari hasil keuntungan yang didapat. Sehingga tak perlu khawatir dengan budget bagi keluarga atau persiapan untuk hari raya nanti.

Please follow and like us:

Leave a Reply