Sekarang GTK XVII ?

GELAR TEKNOLOGI KIMIA XVII

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

Oleh : Ichwan Haryadi

Assalamualaikum wr.wb.

Alhamdulillah puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan kenikmatan kepada kita semua. Shalawat dan salam tak lupa kita haturkan kepada junjungan kita nabi agung Muhammad SAW yang selalu kita nanti-natikan syafaatnya di yaumul akhir nanti.

Gelar Teknologi Kimia (GTK) merupakan salah satu program kerja Keluarga Mahasiswa Teknik Kimia (KMTK) yang dinaungi oleh program studi Teknik Kimia UMS. GTK pertama kali diadakan pada tahun 1999 dan terus berlanjut hingga sekarang menginjak usia yang ke- 17 tahun. Di tahun 2016 ini GTK XVII mengangkat tema “Optimalisasi Daya Saing Anak Bangsa Dalam Berkompetisi dan Berinovasi” dengan tujuan untuk meningkatkan daya saing para generasi muda dalam berkompetisi dan berinovasi mengingat sekarang teknologi semakin maju. Dengan adanya GTK XVII ini diharapkan terciptanya karya-karya anak bangsa yang modern dan memiliki nilai lebih dalam kehidupan.

Dalam acara Gelar Teknologi Kimia (GTK) ini terdapat serangkaian acara yang meliputi Olimpiade Kimia Se-Jawa tengah, DIY dan Eks-karisidenan Madiun kemudian Lomba Karya Tulis Ilmiah GTK tingkat nasional dan di penghujung acara diakhiri dengan Kuliah Umum yang bertemakan “Peran Sarjana Teknik Kimia dalam Kemajuan Industri Global”.

Olimpiade Kimia Se-Jawa tengah, DIY dan Eks-karisidenan Madiun ini terdapat 2 tahap penyisihan. Tahap pertama yaitu tes tertulis, lalu tahap keduanya tes praktikum. Dari 2 tahap penyisihan ini akan diambil 15 besar sebagai finalis untuk merebutkan juara the best teori, the best praktikum dan juara overall. Untuk LKTI GTK ini akan diseleksi 10 besar yang akan diundang ke UMS untuk mempresentasikan hasil karyanya.

Semoga dengan adanya event GTK ini dapat meningkatkan semangat anak bangsa dalam berkompetisi dan berinovasi demi memajukan dan mensejahterakan bangsa Indonesia tercinta ini. Demikian yang dapat saya sampaikan selaku ketua panitia GTK XVII kurang lebihnya mohon maaf billahi taufuk wal hidayah.

Wassalamu’alaikum.wr.wb

Please follow and like us:

Leave a Reply