SEMINAR NASIONAL KEWIRAUSAHAAN 2016

SUKSES, PENYELENGGARAAN KEGIATAN SEMINAR NASIONAL KEWIRAUSAHAAN

KELUARGA MAHASISWA TEKNIK KIMIA

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

May 28, 2016 @Auditorium Muh Djasman Kampus 1 UMS

(mubarokah.ns@gmail.com)

Hari Sabtu (28/5) telah dilaksanakan Seminar Nasional Kewirausahaan dengan tema “Gebrakan Nyata Entrepreneur Muda dalam Persaingan Bisnis Global”. Seminar yang mengungkapkan dunia bisnis di bidang ilmu teknologi yang merupakan sarana bagi para mahasiswa, masyarakat umum dan pengusaha untuk merubah paradigma peserta agar tertarik untuk menjadi seorang wirausahawan dan mengembangkan usaha yang memiliki mental dan keberanian yang tinggi dalam memulai usaha di persaingan bisnis global. Seminar Nasional Kewirausahaan merupakan salah satu program dari Keluarga Mahasiswa Teknik Kimia (KMTK) di Auditorium Djasman Kampus I UMS. Peserta terdiri dari mahasiswa, masyarakat umum dan pengusaha .

Seminar Nasional Kewirausahaan ini menghadirkan 2 pembicara yaitu Jaya Setiabudi ( penulis buku kitab anti bangkrut, the power of kepepet dan buka langsung laris ) dan Nugroho Arief H, S.T (Gage Design ; Graphic design & printing). Pembicara memberikan pemaparan mengenai kewirausahaan beserta tips, trik dan motivasi dalam memulai bisnis dan mengembangkan usaha.

Kegiatan ini memiliki tujuan diantaranya yaitu: memotivasi diri sendiri dan orang lain untuk memulai usaha sejak dini, mengetahui tips-tips pelaku bisnis dalam menghadapi permasalahan dunia usaha, Memberikan pengetahuan tentang cara membidik peluang bisnis, memberikan wacana kepada mahasiswa tentang dunia ilmu teknologi pada umumnya dan bidang internet pada khususnya. Selain memiliki tujuan, kegiatan ini juga memiliki manfaat yang sangat penting diantaranya: menumbuhakan jiwa bisnis sehingga memiliki keberanian untuk memulai usaha, menumbuh suburkan nilai nilai / kewirausahaan, menumbuhkan minat dari “worker” menjadi “ Entrepreneur”.

Pada hari Sabtu tanggal 28 Mei 2016 ada 416 peserta yang mendaftar yang terdiri dari mahasiswa, umum dan pengusaha. Acara dimulai pukul 7.15-08.00 WIB dengan registrasi peserta maupun tamu undangan oleh panitia di Hall Auditorium Djasman Kampus I UMS. Pukul 08.00-08.15 WIB pembukaan oleh MC dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Tilawah Al-Quran kemudian pukul 08.15-09.00 WIB sambutan dari Rahmat Kurniawan selaku Ketua Umum KMTK, Muhamad Zulfikar selaku Ketua Panitia, Rois Fatoni, Ph.D selaku Ketua Program Studi Teknik Kimia dan Ahmad Kholid A., ST,MT selaku Wakil Dekan III FT UMS. Pada pukul 09.00-10.30 WIB penyampaian materi oleh Nugroho Arief H, S.T dan pukul 10.30-14.15 WIB penyampaian materi oleh  Jaya Setiabudi diselingi dengan isho dan coffe break pukul 11.45-12.30 WIB selama 45 menit kemudian di akhir penyampaian materi terdapat tanya jawab antara peserta dengan pemateri. Pukul 14.15-14.30 WIB penutup dan pembagian sertifikat oleh panitia untuk peserta reguler.

Untuk peserta VIP pada pukul 14.30-15.15 WIB menikmati makan siang dengan pembicara dan sholat ashar kemudian pada pukul 15.15-16.55 WIB peserta VIP  sharing maupun konsultasi dan tanya jawab langsung dengan kedua pembicara pembicara selama 100 menit dilanjutkan penutup pukul 17.00 WIB.

Seminar Nasional Kewirausahaan “Gebrakan nyata entrepreneur muda dalam persaingan bisnis global” ini berhasil mencapai target dengan target 400 peserta dan yang mendaftar mencapai 416 peserta, yang terdiri 390 peserta reguler, 15 peserta VIP, 11 peserta On The Spot.

Dalam kegiatan ini, tak lupa pula kami melibatkan pihak lain yang membantu terlaksananya kegiatan ini, diantaranya adalah pihak sponsor, pihak donatur, dan pihak keamanan kampus. Kegiatan ini tersusun sedemikian rupa dan berjalan dengan baik walaupun acara kurang terkonsep secara sempurna. Kami sangat berterimakasih kepada semuanya terkhusus kepada panitia atas semangat dukungan dan bantuan yang telah diberikan demi terklaksananya kegiatan ini. Besar harapan kami untuk kegiatan ini terus berjalan setiap tahunnya dan semakin sukses dari tahun sebelumnnya. Sukses terus KMTK UMS…KMTK Majulah Kemuka…..

Please follow and like us:

Leave a Reply