Suka Duka Mahasiswa Teknik Kimia

Teknik Kimia, jurusan yang sudah tak asing lagi di telinga kita. Kira – kira banyak sukanya apa banyak dukanya yaa….yang paling senang bagian apanya yang paling sedih bagian apanya…oke disini kita akan membahas tentang suka duka teknik kimia.

1.    Diterima sebagai Mahasiswa Teknik Kimia Perasaan senang bukan main ketika diterima sebagi mahasiswa Teknik Kimia. Apalagi diterima di Universitas Favorit di Indonesia, waaah senangnya lebih dari senang, deh. Tak bisa dibayangkan nanti pas kuliah gimana.

2.    Awal Kuliah pun Tiba, Awal Semester yang Menyenangkan

Awal kuliah tiba. Bertemu dengan dosen-dosen yang killer, teman-teman yang berasal dari berbagai daerah, dan suasana perkuliahan yang sangat berbeda dengan SMA. Di jurusan Teknik Kimia kamu bakal nemuin teman – teman yang dari yang super nerd ( kutu buku ), super pintar, pendiam, cerewet dll. Dosen – dosen Teknik Kimia umumnya bertitle S3 jadi semakin JOSH deh jurusan Tenik Kimia.

3.    Semester Awal pun dilalui. Mahasiswa Teknik Kimia mulai berfikir … hmmm begini yaa

Teknik Kimia itu… Lumayan laaahhh

Pada awal semester mata kuliahnya masih mirip-mirip dengan di SMA. Jadiii… yaa anggapan awal mahasiswa teknik kimia, “Alhamdulillah ini mata kuliah dah pernah di SMA, jadi tak begitu susah.. haha”. Namunnn, ada satu mata kuliah yang bisa dibilang momok bagi mahasiswa semester awal yaitu KALKULUS haha…. Kalau nggak percaya silahkan tanyakan pada mahasiswa teknik kimia yaaaaa…

4.    Mahasiswa Teknik Kimia Merupakan Mahasiswa yang Paling Maruk di Antara Jurusan Yang Lain

Begitulah, yang sering dilontarkan oleh mahasiswa Teknik Kimia. Jika kamu berfikiran bahwa mata kuliah yang paling banyak dipelajari adalah tentang KIMIA maka kamu salah besar. Mahasiswa Teknik Kimia mempelajari tentang Matematika, Fisika, Kimia, Ilmu Mesin, Ilmu Kesehatan, Ilmu Manajemen, Ilmu Pemrograman Teknik Kimia, Sampai Ilmu Coding Matematika. JOSH pokoknyaaa….

5.    Mahasiswa Teknik Kimia, Merupakan Mahasiswa yang Solid dalam Berbagai Tekanan Mahasiswa Teknik Kimia itu Solid banget looo… Apabila ada mahasiswa yang tidak bisa pada suatu mata kuliah maka mahasiswa lain tidak segan-segan untuk membantu mengajari

Mahasiswa yang tidak bisa tersebut. Walaupun, mahasiswa teknik lain juga solid tapi di Teknik Kimia kesolidannya bener-bener terlihat. KECE abissss….

6.    Mahasiswa Teknik Kimia, Merupakan Mahasiswa yang Tahan Banting

Pulang malam, tidur pagi, berangkatnya pun juga pagi. Ini rutinitas bagi Mahasiswa Teknik Kimia. Mahasiswa Teknik Kimia setiap pulang kuliah pasti membawa oleh-oleh dari dosennya yang jumlahnya tak terbayangkan. Tak jarang mahasiswa harus mengorbankan jam main dan jam tidurnya untuk mengerjakan tugas. Apalagi ditambah dengan kegiatan organisasi. Waktu dikosan hanya digunakan untuk numpang tidur doing. Hal-hal ini yang membuat kami mahasiswa Teknik Kimia tahan banting.

7.    Wah ada kalkulus lagi, Termodinamika, Azas Teknik Kimia dan Juga Perpindahan panas!!

Kebanyakan mahasiswa teknik kimia lebih memilih dalam hati untuk matkul ini karena mereka semua masih berniat untuk bisa menguasai matkul tersebut. Yah berusaha dulu sekeras mungkin walaupun hasilnya belakangan, yang terpenting adalah ngerti dulu sebagian dikit dari materi yang ada. Mata Kuliah Teknik Kimia itu yah kalau dibuat perbandingan, materi hitungannya memiliki kapasitas 75 % bila dibandingkan dengan materi yang berhubungan teori. Mata kuliah diatas merupakan sebagian kecil dari mata kuliah teknik kimia yang ada hitungannya karena sebenarnya mata kuliah teknik kimia yang ada hitungannya itu ada banyak, tapi hal ini tentulah tak mengapa, namanya juga kuliah di Jurusan Teknik.

8.    Walaupun Pelajarannya Agak Susah, tapi nikmati saja deh prosesnya

Di Jurusan teknik kimia itu, gak semuanya cowok loh!!. Tidak kaya jurusan teknik lain yang mayoritas cowok. Di teknik kimia mahasiswa pria dan wanitanya masih dalam keadaan setimbang. Tetap fokus dan nikmati saja alur ceritanya hehe

9.    Praktiknya Mahasiswa Teknik Kimia Sensasional Banget Loh!!

Kamu yang tidak kuliah di jurusan teknik kimia jangan pernah bilang kalau praktik di teknik kimia itu gampang dan tidak capek, karena itu semua salah besar! Kamu gak tahu kalau disini kita mahasiswa teknik kimia bermain dengan zat-zat yang berbahaya dengan alat-alat yang super canggih, rentan dan mahal, belum lagi variabel dan laporan akhir yang akan datang diakhir. Dalam praktik kami harus menyeimbangkan tenaga, dan pikiran agar segalanya yang berurusan dengan praktik dapat berjalan lancar dan berharap agar tidak ada kecelakaan seperti zat berbahaya yang terkena fisik atau barang-barang yang rusak atau pecah . Keep Focus!!

10.    Kegiatannya setiap hari hanya berkutik dengan  Kalkulator, Puplen dan Koleksi Jurnal

Barang bawaan mahasiswa teknik kimia itu wahhh bisa dibilang cukup untuk membuat punggung nih. Mahasiswa teknik kimia perlu untuk membawa barang utama ini agar segala aktivitas perkuliahan dapat berjalan baik. Kami juga membawa kalkulator untuk menunjang mata kuliah kami.

11.    Kami Tetap Senang Kok, Karena Jurusan Yang Kami Ambil Akan Membuat Hidup Orang Lain Menjadi Lebih Baik

Lihatlah benda apa saja yang berhubungan dengan teknik kimia di sekitar kita! Mulai dari Buku, Keramik, Plastik kresek, Kerangka plastik pada beberapa produk seperti kipas angin, laptop, wadah makanan, Obat-Obatan, Produk Makanan, baju yang kita pakai, Gas yang dipakai buat memasak, Bahan bakar yang kita pakai buat motor atau mobil, itu semua merupakan hasil dari contoh produk yang dipikirkan dan dibuat dengan cara yang se-efisien mungkin.

12.    Begitu Banyak Dukanya Mahasiswa Teknik Kimia Tapi Kami Tersadar Jika Bukan Kami, Siapa Lagi?

Kami sadar bahwa kamilah yang terpilih untuk menyelesaikan tugas ini, kami hanya berharap agar api semangat dalam diri kami terus berkobar sepanjang hari agar kami dapat menyelesaikan tugas dan dapat kami kontribusikan secara nyata di dunia kelak.

Demikian merupakan suka duka bagi mahasiswa teknik kimia, agak lebay yah dan banyak dukanya? tapi memang beginilah kenyataannya. Memang jika dibaca sepertinya jurusan teknik kimia merupakan jurusan yang paling penting di dunia ini, tapi sebenarnya tidak kok, karena kami masih tetap membutuhkan kalian dijurusan lain agar dunia ini dapat berkembang menjadi lebih baik. Bukankah dengan bersama dan bersatu semuanya akan menjadi lebih indah? Oleh sebab itu mari kita bersama sebagai Mahasiswa Indonesia bersatu untuk membangun negara menjadi lebih baik.

Ditulis oleh : Bidang 2 KMTK

Please follow and like us:

Leave a Reply